kumparan
16 Oktober 2017 15:34

Kaya Antioksidan & Bikin Awet Muda, Ini Manfaat Baik Apel Bagi Tubuh

Apel (Foto: Thinkstock)
An apple a day keeps the doctor away.
Atau yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia, satu apel setiap hari mampu menjauhkan kamu dari dokter. Sejak dulu, apel memang dikenal akan manfaat baiknya bagi kesehatan. Pakar gizi dan dokter pun sangat merekomendasikan kamu untuk makan apel setiap hari.
ADVERTISEMENT
Lantas, kandungan nutrisi apa saja yang ditawarkan apel?
Dalam satu buah apel, terkandung energi, serat, vitamin C, A, B1, B3, B9, kalium, zat besi, dan antioksidan. Yang jika diartikan, buah seukuran kepalan tangan manusia ini merupakan paket lengkap yang mampu mencukupi 30 persen kebutuhan serat kamu setiap hari.
"Mengandung serat tinggi, bahkan orang zaman dulu makan apel dengan kulitnya. Tapi sekarang saya tidak menganjurkan, kecuali kita bisa memastikan apel itu organik. (Apel) Rendah kalori, bagus untuk menurunkan berat badan, dan mencegah diabetes karena kadar gula rendah," Prof Ir Ahmad Sulaeman saat berbicara di acara Nutricia Sari Husada Jelajah Gizi Malang, di Khas Jawa, Batu, Malang, Jawa Timur, belum lama ini.
Apel Anna Rp 15 Ribu (Foto: Stephanie Elia/kumparan)
Bahkan, kamu bisa menjadikan satu butir apel sebagai pengganti sarapan di pagi hari. Dengan catatan, konsumsi apel yang manis agar aman bagi lambung.
ADVERTISEMENT
"Apel punya sifat antioksidan, kalau mau awet muda dan kulit bagus, makan apel," saran Ahmad lagi. Hal ini penting untuk diketahui oleh kaum hawa yang ingin menjaga kecantikan kulitnya.
Profesor di Institut Pertanian Bogor ini juga menyarankan kamu untuk mengonsumsi buah segar, karena buah yang diproses akan mengalami perubahan kandungan gizi. "Tentu saja karena ada tambahan bahan atau zat. Vitamin tentu berkurang, terutama vitamin c, karena sangat mudah teroksidasi," jelasnya.
Yuk, mulai selipkan apel dalam menu makanan kamu setiap hari!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan