Woman22 Juni 2017 17:02

Lebaran di Jakarta? Ini 5 Destinasi Wisata Populer yang Patut Dilirik

Konten Redaksi kumparan
Lebaran di Jakarta? Ini 5 Destinasi Wisata Populer yang Patut Dilirik (99480)
Dunia Fantasi (Dufan), Ancol. (Foto: Instagram @infodufan)
Saat ini, umat muslim di seluruh penjuru Ibukota sudah mulai menjalankan aktivitas mudik menuju kampung halaman masing-masing. Ini artinya, Jakarta akan berubah lengang dalam seminggu ke depan.
ADVERTISEMENT
Bagi kamu warga Jakarta yang tak mudik, ini artinya kamu bisa dengan bebas bersantai menikmati suasana Jakarta yang sepi. Menghabiskan waktu senggang di Jakarta tak melulu berarti harus bermain di mal, kok.
Ada sangat banyak destinasi wisata yang bisa coba kamu eksplor dan kunjungi. Berikut ini, kumparan (kumparan.com) sudah merangkum lima destinasi wisata terpopuler yang bisa kamu jadikan pilihan! Apa saja, sih?
1. Hutan Mangrove PIK
Kamu bisa refreshing sejenak dengan mengikmati keindahan hutan bakau yang ada di dalam kawasan Wisata Hutan Mangrove PIK. Harga tiket masuk pun terbilang sangat terjangkau, yaitu Rp 25 ribu per orang. Jika kamu mengendarai motor, kamu harus membayar parkir senilai Rp 5 ribu, sedangkan kendaraan roda empat dikenai Rp 10 ribu.
ADVERTISEMENT
Di sini, kamu sekeluarga tak hanya bisa puas berfoto dan menikmati indahnya pemandangan saja, lho! Kamu bisa berkeliling dengan menyewa perahu seharga Rp 250 ribu/enam orang. Sedangkan untuk perahu untuk delapan orang dikenai Rp 350 ribu. Ada juga kano yang bisa kamu sewa seharga Rp 100 ribu dengan durasi 45 menit.
Jika ingin menghabiskan malam lebaran yang tak terlupakan, mungkin kamu bisa coba dengan menggelar kemping bersama keluarga di tempat ini. Hutan Mangrove PIK menyewakan Camping Rumah Tenda seharga Rp 300 ribu/malam untuk dua orang.
Ada juga tenda yang dilengkapi AC seharga Rp 600 ribu/malam untuk dua orang. Sedangkan untuk kamu yang datang dengan rombongan, bisa menyewa villa dengan harga yang bervariasi, yaitu mulai dari Rp 1,3 juta hingga Rp 6 juta per malam.
ADVERTISEMENT
Tertarik untuk kembali ke alam? Hutan Mangrove PIK bisa kamu jumpai di kawasan Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara. Lokasi wisata yang juga sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan pre-wedding ini buka sejak jam 06.00 WIB hingga 17.00 WIB.
2. Dufan
Agaknya, kamu semua pasti pernah berjunjung ke taman bermain yang sudah ada sejak 1985 ini. Dunia Fantasi alias Dufan ini sejatinya memiliki luas mencapai 9,5 hektar.
Di dalamnya, kamu bisa menemukan sangat banyak wahana permainan seru yang menguji nyali. Seperti Halilintar, Histeria, Tornado, Ontang-Anting, Rumah Kaca, dan masih banyak lagi.
Selain bermain di Dufan, kamu juga bisa mengeksplor kawasan Atlantis Water Adventure, Ocean Ecopark, Seaworld, Alive Museum, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Dan asyiknya lagi, Dufan menyediakan promo khusus, yaitu Promo ShockMed Dufan. Jika kamu berkunjung selama weekdays, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 100 ribu saja! Sedangkan jika kamu berkunjung di masa weekend, kamu harus merogoh kocek Rp 150 ribu.
Yang harus kamu lakukan hanyalah membeli tiket masuk secara online di situs resmi Promo Dufan dan menyimpan kode promo yang diterima. Selanjutnya, kamu hanya perlu menukarkan kode tersebut di loket masuk Dufan.
Dan kamu juga bisa menghabiskan malam di resort Putri Duyung Ancol Cottage and Convention, lho! Berlaku mulai dari 22 Juni - 1 juli 2017, kamu bisa mendapat harga spesial mulai dari Rp 2,199 juta untuk tipe kamar superior.
ADVERTISEMENT
Kamu dan keluarga bisa melakukan berbagai aktivitas outdoor yang seru, naik delman, menikmati live music dinner, bersepeda, berenang, jogging, dan bebas bermain di playground anak.
Kamu bisa menemukan Dufan di jalan Lodan Timur, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Buka jam 10.00 WIB hingga 18.00 WIB, ya!
3. Taman Mini Indonesia Indah
Kamu bisa kembali menyegarkan ingatan soal betapa kayanya budaya dan peninggalan sejarah yang dimiliki Indonesia. Kamu juga bisa menemukan keunikan berbagai spesies Flora dan Fauna di destinasi wisata yang sudah buka sejak 1975 ini.
Ada berbagai kawasan yang bisa kamu jumpai di dalamnya. Antara lain Taman Burung, Taman Kaktus, Taman Bekisar, Dunia Air Tawar, Taman Budaya Tionghoa, Taman Prasasti Apec, Taman Melati, hingga Monumen KTT Non Blok. Ada juga Istana Anak-Anak Indonesia.
ADVERTISEMENT
Anak-anak bisa menaiki wahana Kereta Api Kelinci, Pesawat Capung, hingga Mandi Bola.
Selain itu, ada puluhan museum unik dan rumah Anjungan Daerah khas yang berasal dari seluruh Indonesia. Seperti rumah adat Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Bali, NTT, hingga Sulawesi Tenggara.
Dan di hari lebaran, 25 Juni - 9 Juli 2017 nanti, TMII menggelar pertunjukan Lepas Rindu 'Kampoeng' Halaman.
Ada pertunjukan Musik Sambrah, Parade Bedug & Perkusi Islami Gambang Kromong yang dibintangi Omas, Lagu Congdut, Tarling Pantura, Musik Dangdut 'Republik Metro', dan Pesona Kesenian Nusantara di Anjungan Daerah.
Untuk tiket masuk, kamu hanya perlu membayar Rp 10 ribu saja. Untuk kendaraan roda empat dikenai biaya Rp 10 ribu, sepeda motor Rp 6 ribu, sedangkan sepeda hanya Rp 1000. Setiap wahana yang kamu masuki juga akan dikenai biaya, berkisar Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu.
ADVERTISEMENT
TMII sendiri bisa kamu temukan di kawasan Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur. Buka sejak jam tujuh pagi hingga 10 malam.
4. Taman Safari Indonesia
Bosan di rumah dan pemandangan kota yang menjemukan? Kamu bisa berkunjung dan merasakan pengalaman seru bertemu langsung dengan aneka fauna di Taman Safari yang sudah dibuka sejak 1930 ini.
Begitu memasuki gerbang TSI, kamu akan langsung disambut oleh sejuknya suasana alam liar nan asri. Dari dalam mobil, kamu bisa memberi makan aneka satwa yang dengan bebasnya berkeliaran dengan wortel yang kamu beli di sepanjang perjalanan menuju TSI.
Ada zebra, kudanil, rusa, kanguru, singa, harimau Sumatra, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa memainkan aneka wahana seru yang ada di dalam TSI.
ADVERTISEMENT
Jika ingin menikmati sejuknya suasana Bogor, kamu bisa bermalam di Safari Lodge, Bungalow, Rumah Pohon, ataupun menikmati serunya menginap di dalam Safari Caravan yang memiliki fasilitas lengkap.
Untuk tiket masuk Safari Siang, kamu harus merogoh kocek Rp 150 ribu/orang. Sedangkan untuk anak di bawah 5 tahun membayar Rp 140 ribu. Mobil juga dikenai tarif parkir senilai Rp 15 ribu/hari, sedangkan kendaraan roda dua Rp 5 ribu saja. Taman Safari Indonesia bisa kamu temukan di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Bogor.
Buka pukul 09.00 WIB hingga 16.30 WIB. Juga ada pengalaman Safari Malam yang bisa kamu rasakan dengan merogoh kocek Rp 150 ribu, lho!
5. Taman Margasatwa Ragunan
Kamu juga bisa mengajak keluarga untuk menghabiskan hari di Kebun Binatang Ragunan, lho! Kebun binatang yang satu ini amat pas untuk keluarga yang memiliki anak kecil. Kamu bisa menemukan ragam kekayaan fauna dan flora di sini.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa memberi makan aneka satwa yang ada, sesuai dengan jadwal yang tersedia. Untuksaat ini kamu bisa memberi makan harimau, babi sungai merah, dan gajah. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke Schmutzer Primate Centre.
Kamu akan menemukan aneka orangutan, gorila, simpanse, dan primata langka lainnya yang berasal dari dalam maupun luar negri. Sekali masuk, kamu akan dikenai biaya Rp 6 ribu di hari biasa dan Rp 7500 di akhir pekan dan libur nasional lainnya. Kamu juga bisa menyaksikan film dokumenter terkait primata dengan merogoh kocek seharga Rp 150 ribu, dengan kapasitas 85 penonton saja.
Ada juga area Children Zoo untuk si kecil. Anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan nan lucu. Seperti burung beo, ular, kapibara, bambi, hingga ikan araopaima dari Sungai Amazon.
ADVERTISEMENT
Pengalaman seru yang juga bisa kamu jajal adalah menaiki gajah, unta, berkeliling dengan kerta, naik sepeda, naik perahu dayung, rafting, menonton pertunjukan hewan, naik andong, hingga mengendarai kuda.
Dengan segudang fasilitas, kebun binatang yang dikelola oleh Pemprov DKI ini hanya menarifkan tiket masuk seharga Rp 4 ribu untuk dewasa dan Rp 3 ribu untuk anak-anak. Untuk parkir bus kecil dikenai Rp 12 ribu, mobil Rp 6 ribu, motor Rp 3 ribu, dan sepeda sebesar Rp 1000 saja.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white