kumparan
11 April 2018 19:34

Madu Manuka, Si Manis yang Ampuh Redakan Radang Jerawat

Madu Manuka (Foto: Thinkstock)
Gundukan kecil yang tumbuh pada area wajah ini seringkali membuat banyak orang, khususnya kaum hawa, merasa senewen. Bagaimana tidak?
ADVERTISEMENT
Sekali tumbuh, jerawat bisa bertahan pada wajah hingga satu minggu lamanya. Belum lagi dengan noda kehitaman bekas jerawat yang bisa membandel hingga berbulan-bulan.
Penyebab jerawat pun beragam. Ada yang disebabkan oleh faktor hormonal, pola makan, kebersihan, hingga produksi sebum berlebih. Kondisi kulit yang terlalu kering juga bisa memicu tumbuhnya jerawat, lho.
Ilustrasi jerawat. (Foto: Shutterstock)
Demi menyingkirkan jerawat, berbagai cara pun rela ditempuh. Mulai dari melakukan perawatan seharga jutaan rupiah di klinik kecantikan, minum obat racikan dokter, menggunakan skincare bermerek, puasa makeup, hingga coba membuat masker alami sendiri di rumah.
Selama ini, Anda mungkin sudah sering mendengar soal reputasi kunyit dan greentea yang ampuh menghalau jerawat. Namun, pernahkah Anda mengetahui soal madu Manuka?
ADVERTISEMENT
Madu Manuka atau Manukkah Honey merupakan madu yang dihasilkan lebah yang mengkonsumsi sari bunga Manuka (leptospermum scoparium).
Madu Manuka (Foto: Thinkstock)
Manuka merupakan pohon bunga yang tumbuh liar di Selandia Baru dan Australia Tenggara. Karena tumbuh alami tak tersentuh polusi, Manuka terkenal memiliki segudang khasiat baik untuk kesehatan dan kecantikan.
Saking terkenalnya, madu ini sudah mendapat persetujuan dari US Federal Drug Administration sebagai bahan terapi kesehatan.
Madu Manuka memiliki tekstur yang jauh lebih kental dan pekat dibanding madu lainnya. Mirip seperti karamel yang berwarna cokelat keruh, Manuka juga memiliki rasa yang manis dan aroma harum.
Madu Manuka (Foto: Thinkstock)
Selain dikonsumsi, madu Manuka kerap dijadikan sebagai masker untuk melembapkan kulit dan meredakan radang jerawat.
Madu Manuka mengandung senyawa antimikroba, asam amino, vitamin, dan mineral. Hidrogen peroksida dan metilglioksal yang ada di dalamnya ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat.
ADVERTISEMENT
Tertarik untuk menjadikan madu Manuka sebagai masker wajah anti jerawat?
Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencampurkan madu dengan perasan air lemon secukupnya. Balurkan secara merata pada permukaan kulit dan diamkan selama 15-30 menit hingga terasa kencang. Lakukan rutin tiga kali dalam seminggu, Anda pun dijamin akan merasakan khasiat baiknya.
Radang jerawat akan mereda, kulit terasa lembap, dan warna kulit jadi lebih merata. Selamat mencoba!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan