Woman
·
11 April 2017 6:38

Pentingnya Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa Jika Tidak Ingin Keracunan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pentingnya Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa Jika Tidak Ingin Keracunan (390045)
searchPerbesar
Perhatikan tanggal kadaluarsa produk makanan. (Foto: Thnkstock)
Apakah kamu termasuk orang yang sering mengabaikan tanggal kedaluwarsa saat membeli makanan? Jika iya, kamu perlu hati-hati karena bisa saja makanan yang kamu santap sebenarnya sudah kedaluwarsa. Mengonsumsi makanan yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa bisa sebabkan gangguan pencernaan.
ADVERTISEMENT
Survei menunjukkan bahwa kebanyakan orang lebih mempercayai indera penciuman dan penglihatannya daripada melihaat tanggal kedaluwarsa yang tertera pada label makanan. Padahal, para ahli kesehatan menilai bahwa tanggal kedaluwarsa merupakan langkah sederhana untuk menjaga konsumen dari keracunan makanan.
Penelitian menunjukkan pembeli mungkin berpikir tanggal kedaluwarsa tidak akurat. Para ahli memperingatkan beberapa kesalahan berbahaya yang tidak dapat dideteksi oleh bau ataupun rasa, sehingga konsumen secara tidak sengaja dapat menempatkan diri mereka sendiri dan keluarga mereka dalam risiko bahaya.
Dalam survei yang dilakukan oleh analis Mintel menunjukkan bahwa sekitar 67 persen responden mengatakan mereka hanya mengandalkan bau, rasa atau penglihatannya untuk memutuskan apakah produk masih layak dimakan atau tidak daripada melihat tanggal kedaluwarsa pada label makanan. Sementara, 28 persen sisanya berpikir bahwa makanan tersebut aman untuk dikonsumsi setelah melihat tanggal kedaluwarsa.
ADVERTISEMENT
Hal ini bertentangan dengan saran resmi NHS Inggris (National Health Service) yang menyebutkan bahwa konsumsi makanan dan minuman yang melewati tanggal kedaluwarsa itu dilarang.
"Jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang melewati tanggal kedaluwarsa pada label, bahkan jika itu terlihat dan tercium bau yang masih segar. Apabila Anda mengonsumsinya melewati tanggal kedaluwarsa maka sama saja menempatkan diri Anda pada risiko terkena penyakit," tulis NHS di laman resmi mereka seperti dilansir Daily Mail.
Pentingnya Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa Jika Tidak Ingin Keracunan (390046)
searchPerbesar
Perhatikan kandungan nutrisi makanan (Foto: Thinkstock)
Tanggal kedaluwarsa adalah tanda aman yang menunjukkan apakah sebuah makanan masih aman dikonsumsi atau tidak. Selain itu, tanggal kedaluwarsa juga mencegah makanan terhindar dari bakteri listeria, campylobacter atau salmonella yang dikaitkan dengan tingkat masalah yang lebih berbahaya.
ADVERTISEMENT
Douglas Faughnan, senior analis makanan dan minuman Mintel juga mengatakan bahwa kebanyakan masyarakat minim pengetahuan tentang pentingnya tanggal kedaluwarsa pada sebuah makanan.
"Kurangnya pemahaman yang jelas dan mengabaikan tanggal kedaluwarsa adalah dua masalah yang patut harus diatasi," ujar Faughnan.
Pada survei lain yang melibatkan 1.500 orang, 85 persen diantaranya sangat peduli tentang keberadaan bakteri berbahaya pada makanan. Dan mereka juga sangat khawatir tentang kurangnya higienitas dalam pengolahan makanan.
Hampir setengah dari responden mengatakan bahwa mereka menginginkan kemasan yang memiliki fitur informasi lebih lanjut mengenai bahan-bahan dan sumber dari informasi tersebut.
Sebaiknya, masyarakat lebih cermat lagi dalam membeli sebuah produk makanan atau minuman. Perhatikan label makanan, terutama tanggal kedaluwarsa agar terhindar dari keracunan makanan.
ADVERTISEMENT