Pria, Pahami 5 Hal Ini Sebelum Membeli Cincin Tunangan untuk Kekasih

20 Maret 2017 15:30
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
ADVERTISEMENT
Pria, Pahami 5 Hal Ini Sebelum Membeli Cincin Tunangan untuk Kekasih (37152)
zoom-in-whitePerbesar
Pria harus tahu ukuran cincin pasangannya. (Foto: Thinkstockphotos.com)
Alih-alih mengharapkan kata "iya" dari pasangannya saat dilamar, seorang pria bisa saja mendapat penolakan akibat cincin yang diberikan tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh pasangannya. Untuk itu lah, ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum seorang pria memutuskan membeli cincin tunangan.
ADVERTISEMENT
Mulai dari memahami karakteristik cincin, menentukan anggaran, sampai mencari toko perhiasan terbaik harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk melamar sang kekasih. Dilansir Brides.com, ada lima hal yang harus pria lakukan sebelum membeli cincin tunangan:
1. Memahami Karakteristik Cincin
Sebelum membeli sebuah cincin tunangan, ada baiknya bagi seorang pria untuk menelisik terlebih dahulu tentang karakteristik setiap cincin. Pria harus memahami tentang 4C, yaitu cut (ukiran), clarity (kejernihan), color (warna), dan carat (karat). Jangan sampai seorang pria asal pilih dalam membeli benda sakral yang menjadi simbol pengikat sebuah hubungan ini. Setidaknya, seorang pria harus paham betul tentang jenis cincin yang biasa dibeli untuk melamar kekasih.
2. Tentukan Anggaran yang Sesuai Kantong
Ketika kamu tekah memahami tentang 4C, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan anggaran yang sesuai dengan kantong kamu. Jangan sampai harga cincin yang dibeli melebihi batas kemampuan kamu. Setiap pria harus tahu bagaimana cara untuk memangkas biaya pembelian cincin tanpa mengorbankan uang tabungan yang selama ini disimpan untuk biaya pernikahan atau kebutuhan pasca menikah.
ADVERTISEMENT
3. Mencari Tahu Tentang Ukuran Cincin
Setelah menentukan anggaran yang akan dikeluarkan, seorang pria harus mengetahui ukuran jari pasangannya. Jika kamu ingin membuat sebuah kejutan, maka kamu bisa mencari tahu tentang hal ini dari orang terdekat pasanganmu. 
Selain itu, tanyakan juga tentang jenis cincin yang pasangan kamu sukai. Jangan sampai cincin yang kamu beli ditolak karena modelnya yang tidak sesuai dengan keinginan pasangan kamu.
4. Cari Toko Cincin Terbaik
Jika hal nomor satu sampai tiga telah kamu lakukan, selanjutnya kami bisa berkeliling mall untuk mencari toko cincin terbaik. Di mana pun tempat kamu membeli cincin tidak menjadi masalah selama toko tersebut menawarkan produk cincin dengan model yang disukai oleh calon tunangan kamu. Cari juga toko yang menyediakan asuransi dan kebijakan untuk menukar atau menjual cincin jika sekiranya kamu ingin menukar ukuran atau model cincinnya.
ADVERTISEMENT
5. Mendapatkan Restu
Sebelum melamar, hal yang paling penting adalah meminta izin orang tua pasangan kamu untuk melamar anaknya. Jangan sampai, kamu telah merencanakan dan mempersiapkan hari besar untuk melamar kekasih tapi belum mendapat izin dari orang tuanya, terutama sang ayah. Jika kamu telah mendapatkan restu, maka kamu pun bisa langsung mendiskusikan tanggal dan hari yang pas untuk melamar pasangan kamu secara resmi.
Jadi, sudah siapkah kamu melamar pasanganmu?