kumparan
12 Maret 2018 19:20

Sunscreen atau Pelembab, Mana yang Digunakan Terlebih Dahulu?

Sunblock
Jangan lupa menggunakan tabir surya (Foto: Thinkstockphotos.com)
Menggunakan tabir surya sejatinya merupakan hal yang wajib kamu lakukan untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV.
ADVERTISEMENT
Namun, cara penggunaan sunscreen yang kurang tepat bisa mengurangi efektivitas atau manfaat dari sunscreen itu sendiri lho. Hingga kini, masih banyak perempuan yang belum paham betul soal tata cara penggunaan tabir surya yang baik dan benar.
Banyak orang yang masih bingung soal urutan pemakaian sunscreen yang tepat. Pakai sunscreen atau pelembap lebih dulu?
Rupanya, para pakar kecantikan pun masih berdebat soal hal ini.
Sunscreen
Kenali dua jenis tabir surya. (Foto: Thinkstockphotos.com)
Saat melakukan aktivitas sehari-hari, kamu lebih disarankan menggunakan physical suncreen yang mengandung mineral aktif seperti titanium dioksida dan zinc oksida yang mampu memantulkan radiasi sinar UV. Sekurang-kurangnya, SPF-nya harus berada di angka 30.
"Karena chemical sunscreen lebih cepat hilang ketika terpapar sinar matahari," ujar Melda Isaac, dermatologis asal Washington, Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Isaac juga menerapkan aturan simpel soal urutan pemakaian suncreen yang tepat. Logikanya adalah kamu harus meletakkan 'perisai pelindung' kulit di barisan terdepan, yaitu di urutan terakhir. "Bersihkan (wajah), obati, lembapkan, lindungi," ujarnya mantap.
Namun, hal ini juga amat tergantung pada jenis sunscreen yang kamu pakai. Sunscreen sendiri terdiri dari beberapa jenis:lotion, bubuk, spray, hingga krim.
"Jika kamu menggunakan sunscreen berbentuk krim atau lotion, seperti orang pada umumnya, kamu bisa mengaplikasikannya setelah pelembap," tuturnya.
Sedangkan jika menggunakan sunscreen bertekstur bubuk, tak masalah untuk diaplikasikan setelah menggunakan makeup. Karena tekstur bubuk ini dapat dengan mudah diaplikasikan kembali sepanjang hari, tanpa khawatir merusak riasan makeup.
Tabir surya di wajah
Tabir surya di wajah (Foto: Thinstock)
Dilansir Huffington Post, para ahli dermatologi merekomendasikan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 yang mengandung bahan mineral seperti seng oksida atau titanium dioksida, yang mampu menangkal sinar ultraviolet. Sedangkan bahan kimiawi pendukung misalnya terdiri dari oxybenzone, octinoxate, octisalate dan avobenzone.
ADVERTISEMENT
Y. Claire Chang dari Union Square Laser Dermatology merekomendasikan kamu membersihkan wajah dengan produk berbahan dasar aktif seperti vitamin C atau asam glikolat , kemudian mengaplikasikan sunscreen sebelum pelembab dan makeup.
Namun bagaimanapun urutannya, yang terpenting adalah memastikan sunscreen teraplikasikan merata hingga ke seluruh permukaan wajah. Jangan malas pakai sunscreen, ya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan