kumparan
19 Desember 2018 19:01

Throwback: Gaya Street Style Penentu Tren Fashion di Tahun 2018

STREET STYLE 2018
Tren Fashion dari Gaya Street Style 2018. (Foto: IG: @streetrend @thestyleograph)
Pekan mode atau fashion week merupakan bentuk perayaan terbesar di industri mode. Selain untuk mengapresiasi karya para desainer, fashion week juga menjadi ajang penentuan tren yang akan berlangsung dalam setahun penuh.
ADVERTISEMENT
Tak hanya karya-karya desainer yang berhasil menjadi panutan tren, tetapi street style dari para pencinta fashion juga kerap menjadi acuan tren di dunia mode. Sepanjang tahun 2018, fashion week telah digelar lebih dari lima kali di berbagai kota besar di dunia. Dari masing-masing kota seperti Paris, New York, Milan, dan Copenhagen, banyak sekali gaya street style yang bisa menjadi panduan pribadi Anda agar selalu tampil fashionable dan up to date sesuai tren.
Berikut kumparanSTYLE telah merangkum beberapa items, mulai dari baju, warna, tas, hingga sepatu pada gaya street style yang berhasil menjadi tren di sepanjang tahun 2018. Apa saja?
1. Baju Berbahan Sheer
Street Style
Tren Street Style 2018 (Foto: Instagram @oliviapalermo & @streetrends )
Di tahun 2018, sheer top atau atasan sheer cukup menarik perhatian pencinta fashion. Bahkan rumah mode besar seperti Rodarte hingga Dior pun juga menampilkan beraneka ragam gaun dengan bahan sheer pada koleksi Pre-Fall 2018. Maka tak heran jika blouse atau rok berbahan sheer menjadi banyak dinikmati oleh pencinta fashion.
ADVERTISEMENT
2. Aksen Lipit
STREET STYLE 2018
Tren Street Style 2018. (Foto: IG: @oliviapalermo @thestyleograph)
Yang juga menyita perhatian dalam panggung street style adalah rok dengan aksen lipit.
Brand high-street seperti Zara, Mango, H&M, dan yang lain juga turut meramaikan tren ini. Mereka mengeluarkan koleksi pleated skirt atau rok lipit dalam berbagai model dan warna yang bisa dikenakan saat hangout maupun pergi ke kantor.
3. Powersuits
Street Style
Tren Street Style 2018 (Foto: Instagram @streetrends)
Setelan blazer dan celana bahan atau yang biasa disebut dengan suits memang sangat identik dengan laki-laki.
Namun semenjak isu feminisme semakin marak diperbincangkan di seluruh dunia, industri mode pun turut menunjukkan kontribusinya melalui tren powersuits; sebuah setelan jas atau blazer dengan celana bahan yang dikenakan oleh perempuan.
Setelah powersuits pun tampil dalam berbagai warna, motif, model, dan ukuran. Anda bisa memadukannya dengan high heels, sneakers, ataupun flat shoes.
ADVERTISEMENT
4. Kilau Metalik dan Sequin
Street Style
Tren Street Style 2018 (Foto: Instagram @streetrends )
Metalik dan sequin biasanya identik dengan acara-acara glamor. Tetapi di sepanjang tahun 2018, hal itu tampaknya sudah tidak berlaku di dunia fashion.
Pada perayaan fashion week, para pencinta fashion menjadikan aksen metalik dan sequin sebagai sentuhan glamor dan unik pada penampilan santai mereka.
5. Fanny Pack
Street Style
Tren Street Style 2018 (Foto: Instagram @streetrends )
Tas, selain menjadi tempat untuk barang-barang berharga yang kita bawa ternyata juga menjadi key item dalam penampilan. Tas juga menjadi fashion statement dalam gaya berbusana Anda.
Tahun ini, Fanny Pack menjadi bintang dalam aksesori tas. Tas kecil ini sebenarnya adalah tas pinggang yang bisa dijadikan sebagai sling bag. Karena strap-nya yang pendek, maka fanny pack ketika dipakai hanya akan sampai dada.
ADVERTISEMENT
Tas ini bisa memberikan kesan streetwear yang edgy bagi penampilan Anda.
6. Tas Plastik
Street Style
Tren Street Style 2018 (Foto: Instagram @ilivanilli_)
Saddle bag dan bucket bag mungkin masih menjadi favorit bagi pencinta fashion. Namun selain dua jenis tas itu, tahun 2018 juga diwarnai dengan munculnya tas berinovasi baru, yaitu plastic bag.
Hal itu bisa dibuktikan dengan adanya beberapa brand, seperti Celine, Maison Margiela, hingga Prada yang telah meluncurkan koleksi tas plastik atau PVC bag yang berhasil memberikan kesan playful pada penampilan.
7. Dad's Sneakers
Street Style
Tren Street Style 2018 (Foto: Instagram @streetrends & @thestylograph)
Sneakers telah menjadi jenis sepatu yang tak akan lekang oleh zaman. Sepatu ini bisa dipadukan dengan beragam gaya, mulai dari sporty, casual, formal, hingga glamor sekalipun.
Selain white sneakers, ternyata Dad's sneakers atau big sneakers ala tahun '80-an juga berhasil menjadi tren. Pada beberapa penampilan street style, para pencinta fashion memadukannya dengan dress, rok, atau powersuits.
ADVERTISEMENT
8. Warna Cerah dan Neon
Street Style
Tren Street Style 2018 (Foto: Instagram @thestyleograph @parisfashionweek @streetrends )
Tren warna di tahun 2018 tampaknya sangat beragam. Meski warna-warna pastel masih mendominasi, namun warna cerah dan neon juga masih menjadi tren.
Tampilan color blocking masih banyak terlihat di panggung street style dalam setiap pagelaran fashion week di sepanjang tahun 2018.
9. Permainan Motif
Street Style
Tren Street Style 2018 (Foto: Instagram @elainewelteroth & @streetrends)
Permainan motif tampaknya di tahun 2018 cukup memiliki pengaruh yang kuat di industri fashion. Rumah mode ternama seperti Versace dan Moschino juga masih meluncurkan koleksi penuh motif.
Selain bisa membuat Anda terlihat lebih fresh, permainan motif juga akan memberikan kesan daring pada penampilan Anda.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan