kumparan
11 Januari 2018 9:25

Usir Tungau dengan 7 Bahan Alami Ini

Tungau (Foto: Pixabay)
Sering gatal-gatal saat berbaring di kasur atau sofa? Jika iya, bisa jadi kasur dan sofamu menjadi tempat bersarang tungau.
ADVERTISEMENT
Tungau merupakan serangga berukuran mikroskopik yang jika menggigit, dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit.
Namun jangan khawatir, dilansir Boldsky, terdapat beberapa tips yang dapat digunakan untuk membersihkannya dengan menggunakan bahan alami. Bagaimana:
1. Cengkeh
Ilustrasi cengkeh. (Foto: Pixabay)
Cengkeh memiliki aroma yang tajam serta mengandung pH asam yang cukup tinggi. Kandungan tersebut sangat ampuh untuk membunuh tungau, serta mencegahnya untuk berkembang biak.
Caranya, haluskan segenggam cengkeh kering, kemudian campurkan dengan 2 gelas air. Masukkan campuran air cengkeh tersebut ke dalam tabung semprot, lalu semprotkan pada daerah yang mengandung tungau.
2. Minyak Nimba
Ilustrasi Daun Nimba. (Foto: Thinkstock)
Minyak dari ekstrak daun nimba terkenal dengan kandungan insektisida dan terapeutiknya. Kandungan tersebut sangat ampuh untuk membasmi serangga yang bersarang dalam rumah.
ADVERTISEMENT
Caranya, teteskan 10 tetes minyak nimba pada 3 gelas air bersih, lalu campurkan pewangi sesuai selera. Kemudian semprotkan pada sprei, tempat tidur, dinding dan tempat-tempat tersembunyi. Lakukan cara ini secara rutin agar tungau segea lenyap.
3. Minyak Lavender
Minyak lavender (Foto: Thinkstock)
Minyak lavender juga merupakan insektisida yang sangat efektif untuk memberantas tungau dan telurnya secara maksimal. Cara menggunakannya, teteskan 10 sampai 15 tetes minyak lavender pada 3 gelas air, lalu semprotkan pada sarang tungau.
4. Minyak Kayu Putih
Eucalyptus Oil (Foto: Pixabay)
Tak hanya efektif untuk menghangatkan tubuh, minyak kayu putih juga secara efektif mampu memberantas tungau dalam rumah. Tak hanya itu, minyak kayu putih juga sangat ampuh untuk membantu mengusir gulma, jamur, tungau, bakteri dan serangga.
ADVERTISEMENT
Kamu cukup teteskan 10 sampai 15 tetes minyak kayu putih pada 3 atau 4 gelas air, semprotkan pada wilayah yang terdapat banyak tungau. Lakukan cara ini 2 jam sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
5. Ekstrak Kulit Jeruk
Kulit Jeruk (Foto: pixabay)
Kandungan insektisida yang terdapat pada kulit jeruk sangat ampuh untuk menghancurkan saraf tungau dalam beberapa detik saja. Haluskan kulit jeruk, kemudian campurkan pada 4 gelas air. Aduk hingga merata, lalu semprotkan pada kasur, sofa, atau selimut.
6. Minyak Thyme
Ilustrasi Thyme. (Foto: Pixabay)
Minyak Thyme memiliki sifat insektisida yang ampuh untuk mengusir tungau dengan mudah. Caranya, ambil beberapa lembar daun thyme, masukkan ke dalam kantong bersih, lalu tempatkan di daerah rawan tungau. Ganti secara rutin jika daun sudah mengering.
ADVERTISEMENT
7. Tea Tree Oil
Ilustrasi Tea Tree Oil. (Foto: Pixabay)
Tea tree oil memiliki khasiat untuk merusak sel syaraf tungau. Tak hanya merusak sel syarafnya, tea tree oil juga mampu membunuh tungau seketika.
Cara menggunakannya, teteskan tea tree oil dengan 50 ml air bersih, lalu semprotkan pada wilayah yang terkena tungau. Lakukan setiap hari agar tungau segera pergi.
Semoga bermanfaat!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan