Woman
·
21 Mei 2017 10:06

Yogurt dan 6 Makanan Lainnya yang dapat Menghilangkan Bau Mulut

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Yogurt dan 6 Makanan Lainnya yang dapat Menghilangkan Bau Mulut (278850)
Ilustrasi bau mulut (Foto: Thinkstock)
Bau mulut. Masalah kesehatan yang satu ini memang tampak sepele, namun bisa jadi amat menyebalkan jika tak ditangani dengan tepat.
ADVERTISEMENT
Aroma nafas yang tak segar ini tentunya bisa membuat lawan bicara merasa tak nyaman dan buru-buru ingin menjauh dari kamu. Terlebih ketika kamu harus berpuasa selama sebulan penuh. Bau mulut terkadang menjadi permasalahan utama yang buat kamu jadi tak percaya diri.
Namun jangan khawatir. Masalah bau mulut yang satu ini bisa kamu atasi dengan mengonsumsi sederet makanan berikut ini, kok.
Tak perlu repot, berikut daftar makanan yang sebaiknya kamu konsumsi ketika dilanda masalah bau mulut tak sedap!
1. Yogurt dan Keju
Seperti dilansir Best Health Magazine, dua makanan ini sangat baik dikonsumsi untuk memerangi bau mulut tak sedap. Setelah makan, kamu bisa coba mengonsumsi sepotong keju untuk menetralkan aroma mulut.
ADVERTISEMENT
Yogurt juga memiliki fungsi sama, dan amat disarankan untuk dikonsumsi dua kali sehari. Bakteri baik yang ada dalam yoghurt mampu memerangi hidrogen sulfida, penyebab utama bau mulut.
2. Makanan Bervitamin C
Jeruk, brokoli, apel, tomat, mangga, paprika, dan segudang buah yang mengandung vitamin c lainnya sangat ampuh mengurangi aroma tak sedap pada mulut kamu. Vitamin C juga mampu mencegah penyakit gusi dan segudang masalah mulut lainnya.
3. Roti Gandum
Roti gandum ternyata memiliki peran dalam menentukan aroma bau mulut dan keringat kamu, lho! Karena gandum mampu mencegah pembentukan keton, asam yang diproduksi tubuh ketika mulai menggunakan lemak sebagai pengganti energi.
4. Rempah Herbal
Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa tanaman herbal mampu menghalau aroma tak sedap pada mulut. Seperti daun kemangi, mint, kapulaga, adas, ketumbar, cengkeh, kayu manis, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa mengonsumsinya segar atau menyeduhnya dan diminum menjadi teh hangat.
5. Mentimun
Mentimun terkenal mampu menghilangkan plak pada gusi dan gigi kamu. Banyak yang mengatakan bahwa mengunyah mentimun selama 30 detik bisa menghasilkan zat phytochemical yang ampuh melawan bau mulut. Kandungan airnya yang cukup tinggi juga seketika menjadikan mulut kamu lebih segar.
6. Permen Karet
Dengan mengunyah permen karet, kamu akan meningkatkan produksi saliva atau air liur. Karena teksturnya yang lengket, permen karet berguna untuk mengangkat sisa makanan yang menempel pada gigi dan gusi kamu. Sebisa mungkin, hindari permen karet yang manis dan tinggi gula.
7. Air Putih
Tak ada yang lebih baik dibanding air putih. Rajin minum air putih mampu mengurangi bau mulut dan mencegah kamu kekurangan cairan. Rajin minum dan berkumur dengan air putih juga bisa membersihkan bakteri pada mulut kamu.
ADVERTISEMENT