kumparan
search-gray
Woman21 Januari 2018 9:59

Yuk, Buat Masker Kulit Pisang yang Ampuh Usir Jerawat

Konten Redaksi kumparan
Menggunakan masker kulit pisang
Menggunakan masker kulit pisang (Foto: Pixabay)
Seringkali dianggap sampah, nyatanya kulit pisang memiliki khasiat ampuh bagi kecantikan. Dengan menggunakan masker kulit pisang secara teratur, akan mengurangi minyak berlebih di wajah, serta mengusir bakteri dan kuman penyebab jerawat pada kulit.
ADVERTISEMENT
Bagaimana cara mengolah kulit pisang menjadi masker? Jangan bingung, berikut 7 resep masker kulit pisang yang ampuh berantas jerawat membandel pada wajahmu seperti dilansir Boldsky:
1. Kulit Pisang
Pisang
Pisang (Foto: Pixabay)
Kandungan antioksidan dan anti jamur yang terdapat di dalam kulit pisang dapat mengurangi minyak berlebih serta dapat mengatasi iritasi dan rasa gatal pada kulit yang berjerawat sehingga dapat mempercepat penyembuhan serta dapat menghilangkan bekas jerawat.
Yang kamu perlukan hanyalah mencuci wajah dengan sabun, lalu keringkan dengan handuk bersih. Siapkan satu lembar kulit pisang, kemudian gosok bagian dalamnya pada bagian wajah dan leher selama 10 menit. Cuci dengan air bersih setelah wajah berubah warna menjadi kecokelatan.
2. Kulit Pisang, Oatmeal dan Gula Pasir
Potongan buah pisang.
Potongan buah pisang. (Foto: Thinkstock)
Menggunakan masker oatmeal dan kulit pisang secara rutin bermanfaat untuk membersihkan kulit dari bakteri pemicu jerawat, membantu menyerap minyak berlebih pada wajah, serta mencegah pori-pori wajah membesar. Siapkan bahan di bawah ini:
ADVERTISEMENT
1 lembar kulit pisang
1/2 gelas kecil oatmeal
3 sdm gula pasir
Blender semua bahan hingga rata, lalu gosok dengan gerakan memutar pada wajah selama 10 menit, kemudian bilas wajah dengan air hangat.
3. Kulit Pisang dan Baking Powder
Pisang
Pisang (Foto: Thinkstock)
Baking soda sangat ampuh membersihkan kotoran dan debu penyebab jerawat yang menempel di pori-pori kulit. Tak hanya itu, bahan dapur ini juga sangat efektif untuk mencerahkan kulit wajah. Siapkan bahan di bawah ini:
1/2 sdm baking powder
1 sdm pasta kulit pisang
Campurkan kedua bahan hingga rata, lalu oleskan pada seluruh permukaan wajah. Diamkan selama kurang lebih 3 sampai 5 menit, lalu bilas dengan air hangat.
4. Kulit Pisang, Bubuk Kunyit
Pisang
Masker pisang baik untuk komedo (Foto: Thinkstock)
Zat antioksidan yang dimiliki bubuk kunyit sangat ampuh untuk mengurangi kemerahan jerawat, serta membantu mengecilkannya. Siapkan bahan di bawah ini:
ADVERTISEMENT
1 sdm pasta kulit pisang
1 sdm bubuk kunyit
Kombinasikan kedua bahan tersebut, lalu aplikasikan pada permukaan wajah sambil digosok perlahan selama 10 menit. Kemudian bilas wajah dengan air bersih.
5. Kulit Pisang dan Jus Lemon
Minuman Sehat 7
Cegah osteoporosis dengan buah pisang. (Foto: Thinkstock)
Tak hanya ampuh untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan noda gelap, buah berwarna kuning ini berguna untuk menghancurkan bakteri penyebab jerawat, serta mencegahnya berkembang. Siapkan bahan di bawah ini:
1 sdm pasta kulit pisang
1 sdm jus lemon
1 buah cotton bud
Campur pasta kulit pisang dan jus lemon hingga rata, lalu aplikasikan pada jerawat dengan cotton bud
6. Kulit Pisang dan Madu
Madu salah satu bahan alami paling banyak gizi
Madu salah satu bahan alami paling banyak gizi (Foto: Pexels)
Madu mengandung antioksidan alami yang ampuh membunuh bakteri dan kuman penyebab jerawat pada kulit. Tak hanya itu, zat antiseptik di dalamnya juga berguna untuk mengurangi luka bekas jerawat. Siapkan bahan di bawah ini:
ADVERTISEMENT
1 sdm pasta kulit pisang
1/2 sdm madu
Kombinasikan kedua bahan tersebut hingga tercampur rata, lalu aplikasikan pada daerah wajah yang berjerawat. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.
7. Kulit Pisang dan Cuka Apel
Ilustrasi cuka apel
Ilustrasi cuka apel (Foto: Pixabay)
Cuka apel merupakan salah satu cairan asam yang mengandung anti bakteri. Zat tersebut berguna untuk melindungi kulit dari ancaman bakteri dan kuman jahat penyebab jerawat. Siapkan bahan di bawah ini:
1 sdm pasta kulit pisang
2 sdm cuka apel
Campur kedua bahan hingga rata, lalu oleskan pada bagian wajah berjerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci wajah dengan air bersih.
Selamat mencoba!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white