Tekno & Sains
·
19 Mei 2020 8:03

10 Domain Internet Paling Mahal di Dunia, Harganya Tembus Rp 5,1 Triliun

Konten ini diproduksi oleh kumparan
10 Domain Internet Paling Mahal di Dunia, Harganya Tembus Rp 5,1 Triliun (5444)
Ilustrasi internet. Foto: Istimewa
Alamat situs web atau domain internet saat ini menjadi hal yang penting. Nama situs yang unik dan memiliki karakter bisa dijual mahal, sehingga bisa mendapatan keuntungan yang berlipat.
ADVERTISEMENT
Era digital dan penetrasi internet yang terus tumbuh memudahkan semua orang bisa membuat nama domain sendiri. Bahkan beberapa penyedia jasa pembuatan domain atau situs web menawarkan layanannya dengan harga murah.
Ingat pemberitaan soal domain calon presiden pada pemilu 2019 lalu? Ya, dua domain yang menggunakan nama Prabowo dan Sandi, yaitu www.prabowosandi.id dan www.prabowosandi.com, dijual dengan harga sebesar Rp 1 miliar.
Ada pula yang menawarkan kepemilikan domain dengan nama pasangan calon Jokowi dan Ma'ruf, yaitu www.jokowimaruf.com dan www.jokowimaruf.id. Harga yang ditawarkan untuk memiliki masing-masing domain tersebut adalah Rp 2 miliar. Fantastis, bukan?
Tapi di dunia ini, ada sejumlah domain yang jauh lebih mahal. kumparan telah menyusun daftarnya, dan akan membantu kamu memahami apa yang membuat nama domain itu bagus, bagaimana mereka menjadi sangat berharga dan karakteristik utama lainnya.
ADVERTISEMENT

Business.com - 345 juta dolar AS (Rp 5,1 triliun)

Awalnya domain ini memiliki nilai 7,5 juta dolar AS saat dibeli pada tahun 1999, dan menempatkannya pada daftar penjualan nama domain terbesar dalam sejarah. Tetapi pada saat itu, tidak ada yang bisa membayangkan bahwa domain ini akan bernilai 47 kali lebih banyak dalam periode hanya delapan tahun.
Nilai business.com melonjak setelah Dow Jones dan The New York Times menjual domain tersebut kepada RH Donnelly dengan harga 345 juta dolar AS pada 2007. Namun, penjualan nama domain ini tidak membawa banyak keberuntungan bagi pembelinya. Hanya dua tahun sejak pembelian, perusahaan tersebut dilaporkan bangkrut

LasVegas.com - 90 juta dolar AS (Rp 1,3 triliun)

Domain ini dibeli oleh VEGAS.com, LLC pada 2005. Perusahaan itu menginginkan domain LasVegas.com karena selalu muncul di posisi teratas pada pencarian kata "Las Vegas". Pembelian LavVegas.com dengan nilai fantastis, 90 juta dolar AS (sekitar Rp 1,3 triliun), akan selalu diingat sebagai salah satu pembelian situs web paling mahal.
ADVERTISEMENT
Pemegang domain sebelumnya, Stephens Media, menyetujui kontrak yang dimulai dengan pembayaran awal 12 juta dolar. Jumlah yang tersisa untuk penjualan domain ini dibayarkan hingga tahun 2040.
10 Domain Internet Paling Mahal di Dunia, Harganya Tembus Rp 5,1 Triliun (5445)
Situs LasVegas.com. Foto: Dok. kumparan

CarInsurance.com - 49,7 juta dolar AS (Rp 739 miliar)

QuinStreet membayar 49,7 juta dolar AS untuk membeli nama domain CarInsurance.com, situs untuk info dan belanja asuransi mobil. Asuransi adalah hal penting untuk Quin Street dan itu sebabnya ia bersedia membayar jumlah tinggi untuk nama domain CarInsurance.com.

Insurance.com - 35,6 juta dolar AS (Rp 529 miliar)

QuinStreet juga merogoh kocek besar untuk beli domain atas nama Insurance.com. Domain yang masih berhubungan dengan asuransi ini dibeli QuinStreet sebesar 35,6 juta dolar AS pada Agustus 2010, bersama dengan semua media dan aset teknologi yang sudah dimiliki oleh Insurance.com.
ADVERTISEMENT

VacationRentals.com - 35 juta dolar AS (Rp 520 miliar)

Pariwisata atau travel memang populer di era modern internet. Tidak heran, salah satu dari lima nama domain paling mahal sepanjang masa berhubungan dengan penjualan paket liburan dan lainnya.
VacationRentals.com dibeli semata-mata untuk mencegah pesaing lain merebutnya terlebih dahulu. Saat itu tahun 2009, dan Brian Sharpies, CEO HomeAway, berhasil menyelinap masuk dan membeli domain setelah ia mengetahui bahwa perusahaan saingannya, Expedia, juga berencana untuk membelinya. Sebelum pembelian, situs VacationRentals.com sudah aktif dan sekarang mewakili pasar untuk penawaran liburan di seluruh dunia.

PrivateJet.com - 30,1 juta dolar AS (Rp 448 miliar)

Domain PrivateJet.com dibeli seharga 30,1 juta dolar AS oleh Nations Luxury Transportation, LLD, sebuah perusahaan yang berbasis di Atlanta, Georgia, AS, yang menyediakan layanan perjalanan. Domain tersebut dibeli dari Don’t Look Media, dengan harapan bahwa situs web baru itu akan membantu menarik klien bernilai tinggi.
ADVERTISEMENT

Voice.com - 30 juta dolar AS (Rp 446 miliar)

Voice.com menjadi salah satu penjualan nama domain termahal yang terjadi belum lama ini, tepatnya tahun 2019. Domain ini dijual ke Block.one, pencipta cryptocurrency EOS yang membeli domain melalui transaksi tunai difasilitasi oleh GoDaddy.
10 Domain Internet Paling Mahal di Dunia, Harganya Tembus Rp 5,1 Triliun (5446)
Situs Voice.com. Foto: Dok. kumparan

Internet.com - 18 juta dolar AS (Rp 267 miliar)

QuinStreet juga membeli salah satu nama domain terbaik, Internet.com, sebesar 18 juta dolar AS dalam bentuk tunai. Sejumlah nama domain top lainnya adalah bagian dari kesepakatan, termasuk InternetNews.com, ServerWatch.com, Webopedia.com, Developer.com, dan lainnya.

360.com - 17 juta dolar AS (Rp 253 miliar)

Domain ini menjadi satu-satunya nama yang berbasis nomor dan salah satu domain langka yang menghasilkan banyak uang. Penjualan tersebut terjadi pada 2015, ketika CEO Qihoo, Zhou Hongyi, memutuskan untuk membuat merek baru dan membeli domain sebesar 17 juta dolar AS. Domain itu sendiri dijual oleh raksasa telekomunikasi Vodafone yang pernah membuat telepon dengan nama yang sama.
ADVERTISEMENT

Insure.com - 16 juta dolar AS (Rp 238 miliar)

QuinStreet membeli Insure.com pada tahun 2009 dan menjadi pembelian domain pertama mereka. Nilai domain ini telah melonjak 10 kali lipat dari nilai awal pembelian 16 juta dolar AS pada tahun 2001.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.