Tekno & Sains
·
19 Oktober 2020 9:04

10 Game PlayStation 4 Ini Tak Bisa Dimainkan di PlayStation 5, Apa Saja?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
10 Game PlayStation 4 Ini Tak Bisa Dimainkan di PlayStation 5, Apa Saja? (107502)
Controller DualSense untuk PlayStation 5. Foto: Summer Game Fest, Geoff Keighley
Sony resmi meluncurkan konsol game terbarunya, PlayStation 5. Konsol ini juga dipastikan akan memiliki fitur backward compatibility sehingga game PS 4 juga akan bisa tetap dimainkan. Tapi ternyata, ada 10 game yang dikecualikan oleh Sony.
ADVERTISEMENT
Sekitar 4 ribuan game PlayStation 4 sebenarnya bisa dimainkan langsung di konsol PlayStation 5. Bahkan, Sony memastikan bahwa beberapa game akan memperoleh peningkatan performa dan grafik.
Tetapi, Sony menyampaikan bahwa 'beberapa fungsi yang tersedia pada konsol PS 4 mungkin tidak akan tersedia pada konsol PS 5.' Sayangnya, Sony tidak mengungkapkan fungsi atau fitur dalam game apa yang akan hilang di PS 5 tersebut.
Selain itu, “beberapa game PS 4 akan memunculkan error atau tampilan yang tidak diinginkan ketika dimainkan pada konsol PlayStation 5.”
Karena masalah ini, Sony menyarankan para gamers untuk mencoba terlebih dahulu game-game PS 4 yang ingin dimainkan di PS 5, sebelum membeli fitur-fitur atau hal-hal yang dapat dibeli dengan uang.
ADVERTISEMENT
Lalu, game apa saja yang Sony telah pastikan sama sekali tidak akan bisa dimainkan di konsol PlayStation 5? Berikut daftarnya:
  • DWVR
  • Afro Samurai 2: Revenge of Kuma Volume One
  • TT Isle of Man – Ride on the Edge 2
  • Just Deal With It!
  • Shadow Complex Remastere
  • Robinson: The Journey
  • We Sing
  • Hitman Go: Definitive Edition
  • Shadwen
  • Joe’s Diner
10 Game PlayStation 4 Ini Tak Bisa Dimainkan di PlayStation 5, Apa Saja? (107503)
Ilustrasi game multi-player Sony PlayStation 4. Foto: Jeshoots.com via Pexels
Beberapa game yang terdapat pada daftar tersebut memang merupakan game yang telah dicap buruk oleh para gamers. Salah satunya adalah Afro Samurai 2 yang hanya memperoleh nilai 2/10 pada situs GameSpot.
Namun, tidak semua game dalam daftar tersebut buruk. Game seperti Hitman Go dan TT Isle of Man sempat ramai dimainkan oleh para pecinta konsol.
Beberapa gamers juga mengutarakan bahwa daftar tersebut bisa jadi belum lengkap. Pasalnya, Sony juga belum memastikan bahwa daftar tersebut lengkap. Game PS 4 lain juga masih belum dipastikan akan memiliki error atau tidak ketika dimainkan di PlayStation 5.
ADVERTISEMENT
Sony mengembalikan segala bentuk error tersebut pada pengembang atau developer game. Setiap pengembang diberi kebebasan ihwal pemberian pembaruan atau update jika para gamers ingin bermain di konsol PlayStation 5.
(EDR)