12th SATU Indonesia Awards 2021: Majukan Indonesia dengan Beribu Inovasi

7 Juni 2021 11:28
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Berawal dari keresahan akan harga kelapa dari petani di Indragiri Hilir, Riau, yang terlampau rendah di tengkulak, Muhammad Aria Yusuf bersama tiga sahabatnya menggagas InacomID, sebuah aplikasi yang menghubungkan petani, pemilik lahan, usaha kecil mikro dengan pasar lokal dan internasional untuk kegiatan jual beli.
Meski kelapa Indragiri Hilir memiliki kualitas yang diminati pasar internasional, sayangnya para petani masih menggunakan cara tradisional. Sehingga, mereka tak bisa mengatur kualitas produk yang akan dihasilkan. Harga jual kelapa pun hanya berkisar Rp 400-Rp 1.300 per kilogram.
Selain menjadi perantara penjualan, InacomID juga aktif mengedukasi petani cara bertani yang modern dan efisien, menyuguhkan nilai komoditas dari pasar atau sisi demand kepada petani, hingga memberi data tentang kualitas komoditas yang diinginkan. Dengan begitu, para petani bisa mengukur berapa nilai panennya.
Hasilnya, kini petani bisa menjual hasil panennya kepada InacomID dengan harga lebih tinggi yakni Rp 750-Rp 2.100 per kilogram. InacomID juga telah beroperasi di 9 titik yang ada di lima provinsi, seperti di Tembilahan dan Indragiri Hilir, Tanjung Jabung Timur, Lampung Selatan, Surabaya, serta Buton Utara dan Donggala dan telah membuka lapangan pekerjaan bagi 800 hingga 1.000 warga yang berasal dari kalangan ibu rumah tangga dan warga setempat.
Berkat inovasinya, InacomID pun berhasil menjadi salah satu penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2020 bidang teknologi. Bukan hanya InacomID, sejak 2010 Astra mengadakan SATU Indonesia Awards sebagai wujud apresiasi kepada generasi muda Indonesia yang berprestasi dan memiliki kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan.
Bagaimana kisahnya? Saksikan selengkapnya di talk show 12th SATU Indonesia Awards 2021 bersama kumparan “Melaju Bersama dengan Beribu Inovasi”, Jumat, 11 Juni 2021, pukul 15.00-16.00 WIB di channel YouTube kumparan.
12th SATU Indonesia Awards 2021: Majukan Indonesia dengan Beribu Inovasi (154407)
zoom-in-whitePerbesar
12th SATU Indonesia Awards 2021 bersama kumparan “Melaju Bersama dengan Beribu Inovasi”, Jumat, 11 Juni 2021, pukul 15.00-16.00 WIB di channel YouTube kumparan.
Selain menghadirkan Muhammad Aria Yusuf dari Inacom.id System Jakarta sebagai penerima apresiasi kategori kelompok di SATU Indonesia Awards 2020, bincang-bincang ini juga dihadiri oleh dua dewan juri 12th SATU Indonesia Awards 2021 yakni Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia, Prof. Emil Salim; dan Head of Environment and Social Responsibility Astra, Diah Suran Febrianti.
Sebagai perwakilan juri yang menjadi narasumber talk show, Prof. Emil Salim dan Diah Suran Febrianti akan berbagi informasi seputar pelaksanaan 12th SATU Indonesia Awards 2021. Serta berbagi cerita mengenai tujuan apresiasi Astra yang diberikan kepada anak bangsa berprestasi di lima bidang, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi, serta satu kategori Kelompok yang mewakili lima bidang tersebut. Pada tahun ini Astra juga Kembali menyelenggarakan kategori khusus untuk Pejuang Tanpa Pamrih di Masa Pandemi COVID-19.
Jangan lupa catat tanggalnya! Bukan hanya bincang-bincang seputar SATU Indonesia Awards, akan ada hadiah uang tunai senilai total Rp 1.500.000 untuk 3 penanya terpilih di talk show “Melaju Bersama dengan Beribu Inovasi”.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan SATU Indonesia Awards
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020