kumparan
8 Januari 2019 19:28

16 Juta Botol Minum Terjual di Tokopedia Selama 2018

Tokopedia
Perusahaan e-commerce Tokopedia. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
Sepanjang tahun 2018, Tokopedia mencatat sejumlah pencapaian yang cukup signifikan. Hingga akhir 2018, Tokopedia mengungkap terjadi peningkatan Gross Merchandise Value (GMV) hingga empat kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya di Pulau Jawa, transaksi yang terjadi di Tokopedia selama 2018 juga banyak terjadi di luar Pulau Jawa. Tokopedia mengungkap terjadi peningkatan sebesar 66 persen untuk jumlah transaksi di luar Pulau Jawa.
Ada sejumlah fakta menarik lain dari pencapaian Tokopedia selama 2018. 25 persen dari total penjualan barang di Tokopedia ternyata dikirim menggunakan same-day service alias pengiriman barang di hari yang sama. Jadi, tampaknya banyak pembeli yang tidak sabar untuk segera mendapatkan barangnya menggunakan layanan pengiriman kilat itu.
Selain itu, fakta menarik lainnya adalah platfrom marketplace ini berhasil menjual sebanyak 16 juta botol minum selama 2018. Tokopedia mengatakan fakta ini menunjukkan platform-nya dapat menyediakan produk unggulan dengan harga terjangkau.
ADVERTISEMENT
"Memasuki tahun ke-10, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem kami menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS)," ujar Priscilla Anais, CEO Office Manager Tokopedia, dalam keterangan pers yang diterima kumparan.
Fakta Menarik Tokopedia Selama 2018
Fakta menarik Tokopedia selama 2018. (Foto: Tokopedia)
Fakta menarik lain yang diungkap Tokopedia adalah angka penjualan baterai sepanjang 2018 di platform-nya diklaim mampu menghidupkan hingga 100.000 motor listrik.
Bukan itu saja, baterai yang terjual di platform-nya selama 2018 juga diklaim mampu menghidupkan hingga 100.000 motor listrik.
Hal menarik lainnya datang dari transaksi untuk produk digital yang paling sering digunakan penggunanya. Salah satunya ialah total transaksi top-up saldo kartu e-money di Tokopedia telah mencapai angka yang bisa digunakan untuk melintasi tol Jakarta-Surabaya sebanyak 120.000 kali.
Selain itu, catatan untuk penjualan saldo M-Tix di Tokopedia sepanjang 2018 juga menjadi salah satu transaksi yang paling banyak digemari. Total pembelian tiket nonton di Tokopedia diklaim cukup untuk memberikan seluruh penduduk kota Padang masing-masing lima tiket bioskop.
Tokopedia
Perusahaan E-commerce anggota idEA, Tokopedia. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
Untuk kategori gaya hidup, angka transaksi untuk pembelian pupuk yang terjual di Tokopedia juga cukup banyak. Diperkirakan pupuk yang terjual dapat digunakan untuk menyuburkan lahan seluas tujuh kali kota Medan. Penjualan buah juga diklaim cukup untuk menyusun hingga 135 ribu parcel.
ADVERTISEMENT
Menurutnya Priscilla, layanan Tokopedia bisa membuat teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangannya dapat memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline. Ke depannya, ia berharap hal ini sanggup mempercepat pencapaian pemerataan ekonomi secara digital.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan