kumparan
26 Desember 2018 17:51

2 Startup Lokal Finalis The NextDev Hadirkan Solusi Pertanian Digital

Ajang pencarian startup terbaik, The NextDev. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Telkomsel kembali mengadakan The NextDev 2018, yang digelar pada 26 dan 27 Oktober 2018 di Jakarta Convention Center (JCC). Acara yang digelar Telkomsel sejak 2015 ini merupakan ajang pencarian dan pengembangan startup teknologi terbaik Indonesia di bidang social impact.
ADVERTISEMENT
Platform early stage startup di Indonesia yang dipelopori oleh Telkomsel ini telah berhasil menjaring startup-startup yang berpotensi untuk berkembang, seperti Habibi Garden dan Eragano.
Habibi Garden merupakan salah satu dari tiga pemenang The NextDev 2017. Startup ini memberikan data real-time yang memungkinkan petani bisa melihat perkembangan tanaman hingga kondisi tanah di perkebunannya lewat sebuah aplikasi smartphone. Dengan data tersebut, pemberian nutrisi bisa menjadi lebih efektif.
Irsan Rajimin, CTO Habibi Garden. (Foto: Prima Gerhard/kumparan)
Sementara Eragano merupakan pemenang dari empat penghargaan khusus sebagai The Best Agriculture App pada The NextDev 2017. Keberhasilan Eragano memenangkan penghargaan khusus tersebut tidak lepas dari kesuksesan mereka menyediakan solusi dari hulu ke hilir di sektor pertanian. Startup yang dibangun oleh Stephanie Jesselyn dan Aris Hendrawan ini bisa menjual perlengkapan pertanian mulai dari pupuk, hasil panen, menyediakan sistem pengelolaan sawah, hingga memberi pinjaman kepada para petani.
Startup Eragano di The NextDev 2017 Bandung. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
Selain mendapat hadiah berupa uang tunai dan bimbingan, dua startup lokal ini mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan pihak-pihak yang bisa membantu perkembangan mereka. Baru-baru ini Telkomsel juga mengajak dua startup lokal tersebut berkolaborasi untuk mengembangkan PETANI, sebuah program e-agriculture yang bertujuan memberdayakan petani di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi informasi.
ADVERTISEMENT
Program yang menjadi bagian dari CSR Telkomsel yang berjalan sejak 2017 dan masih dilakukan di Lampung Selatan dan Garut, yang berfokus pada pemanfaatan teknologi digital secara positif untuk mendongkrak ekosistem digital di Tanah Air ini menggabungkan layanan jaringan Telkomsel di berbagai lokasi pertanian dan perkebunan. Jaringan Telkomsel membantu Habibi Garden saat memantau kondisi tanaman secara real-time.
Sementara itu, bersama Eragano, Telkomsel mengembangkan solusi untuk petani rumah tangga dengan menghadirkan ahli pertanian. Dengan begitu, kolaborasi Telkomsel bersama Habibi Garden dan Eragano diharapkan akan meningkatkan produktivitas pertanian, mengurangi biaya produksi, serta meminimalisir kemungkinan gagal tanam atau puso.
Habibi Garden dan Eragano hanyalah dua dari finalis-finalis The NextDev yang terus berkembang setelah mengikuti program CSR tahunan Telkomsel ini. Telkomsel terus mendampingi startup-startup ini untuk melakukan aksi konkret, termasuk dengan melakukan kolaborasi.
ADVERTISEMENT
Inilah yang membuat The NextDev berbeda. Bukan soal kompetisi, tetapi tentang perkembangan secara kontinu untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia.
Story ini merupakan hasil kerja sama kumparan dan Telkomsel.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan