2020, Prototype Konsol Game Nintendo Play Station Bakal Dilelang

30 Desember 2019 10:06 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Prototype konsol game Nintendo Play Station hasil kolaborasi Nintendo dan Sony. Foto: Heritage Auctions
zoom-in-whitePerbesar
Prototype konsol game Nintendo Play Station hasil kolaborasi Nintendo dan Sony. Foto: Heritage Auctions
ADVERTISEMENT
Super NES CD-ROM atau Nintendo Play Station, prototype konsol game hasil kerja sama Sony dan Nintendo yang tak pernah dirilis, bakal dilelang ke publik pada 2020 mendatang. Lelang bakal dilakukan di Heritage Auctions, Texas, AS.
ADVERTISEMENT
Dahulu, Sony dan Nintendo pernah bekerja sama bangun sistem konsol baru yang mampu menjalankan game berbasis piringan compact disc (CD). Proyek ini kemudian melahirkan prototype konsol bernama Super NES CD-ROM atau Nintendo Play Station. Sayang, purwarupa itu batal dikembangkan lebih lanjut karena kedua perusahaan memutuskan kemitraannya.
Seiring berjalannya waktu, banyak pihak yang meragukan kebenaran proyek tersebut karena Sony dan Nintendo tidak pernah membicarakan Super NES CD-ROM ke publik. Rahasia proyek itu akhirnya terbongkar, setelah purwarupa konsol tersebut diekspos oleh sepasang bapak dan anak, Terry dan Dan Diebold, pada 2015 lalu.
Diebold pertama kali mendapatkan unit tersebut dalam lelang acak di perusahaan tempat ia bekerja dulu, Advanta Corporation. Konsol itu ada di dalam box milik mantan CEO Sony Computer Entertainment, Olaf Olafsson, yang kemudian bekerja di Advanta.
Prototype konsol game Nintendo Play Station hasil kolaborasi Nintendo dan Sony. Foto: Heritage Auctions
Setelah menyimpan dan memajangnya di sejumlah konferensi selama bertahun-tahun, Diebold siap berpisah dengan Nintendo Play Station. Prototipe konsol ini dijadwalkan dilelang di Heritage Auctions pada 5 sampai 7 Maret 2020, namun calon pembeli bisa mulai menawarnya secara online pada Februari 2020.
ADVERTISEMENT
"Ini adalah pertama kalinya purwarupa ini pernah ditawar di rumah lelang umum," kata Valarie McLeckie dari Heritage Auctions, seperti dikutip Polygon. "Nintendo dan Sony bisa dibilang dua dari pesaing terbesar dalam video game saat ini. Ini sedikit membingungkan bagi sebagian orang untuk melihat Nintendo dan Sony pernah berbagi konsol yang sama -dan punya nama yang sama dengan PlayStation itu sendiri."
Heritage Auctions mulai melelang koleksi game pada Februari 2019. McLeckie berkata, banyak permintaan lelang soal game yang dikirim ke perusahaannya selama setahun terakhir. Satu unit kaset game Mega Man langka pernah terjual dengan harga 75 ribu dolar AS pada November 2019 lalu, menjadikannya rekor sebagai game dengan harga tertinggi yang dijual di Heritage Auctions.
ADVERTISEMENT
Super NES CD-ROM sendiri memiliki wujud fisik yang mirip dengan SNES. Ia punya slot cartridge dan ada ruang CD-ROM untuk menjalankan game yang berbasis CD.
Karena konsol masih bersifat purwarupa, maka ada satu fitur kunci yang tidak bisa berfungsi yaitu CD-ROM. Masalah ini kemudian ingin coba dipecahkan oleh seorang teknisi mesin bernama Ben Heckendorn, atau lebih dikenal di Internet dengan nama Ben Heck.
Melalui saluran The Ben Heck Show di YouTube, Heckendorn membongkar purwarupa yang didapat dari Diebold, dan melihat ke dalam mesinnya untuk menganalisis masalah CD-ROM. Dengan melakukan perombakan komponen dan pergantian beberapa kapasitor, CD-ROM akhirnya kembali hidup.
CD-ROM itu dapat menjalankan konten audio berbasis CD, namun untuk memainkan video game dari CD masih menjadi kendala tersendiri karena memang belum ada satu pun game resmi yang dikembangkan khusus untuk Nintendo PlayStation.
ADVERTISEMENT
Heckendorn kemudian mengakalinya dengan menggunakan game emulasi Magic Floor buatan programmer Martin Korth, yang ia pindahkan data .iso game ke dalam piringan CD. Akhirnya, game berhasil berjalan di Nintendo PlayStation walaupun ada beberapa gangguan yang memerlukan perbaikan lebih lanjut.