kumparan
18 April 2019 12:26

3,1 Juta Cuitan Pemilu 2019 Ramaikan Twitter di Hari Pencoblosan

Warga menunjukan jarinya yang telah dicelup tinta usai menggunakan hak pilihnya pada Pemilu serentak 2019. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Twitter memang menjadi salah satu tempat favorit untuk bersuara tentang apapun di dunia maya. Momen-momen penting, seperti Pemilu 2019 yang digelar Rabu (17/4), selalu diramaikan kicauan-kicauan netizen di Twitter dengan hashtag alias tagar khusus.
ADVERTISEMENT
Menurut data yang dihimpun Twitter, ada 3,1 juta kicauan terkait Pemilu 2019 yang meramaikan lini masa platform-nya. Kicauan-kicauan tentang pemilu membanjiri Twitter selama seharian.
Isi dari kicauannya bermacam-macam, ada yang menunjukkan dukungan terhadap salah satu pasangan calon, pamer foto jari bertinta, atau sekadar berkomentar tentang Pemilu 2019.
Twitter juga mengunggah grafik penyebaran tren cuitan alias Trendsmap tentang pemilu di Indonesia. Berdasarkan Trendsmap itu, pulau Jawa khususnya area Jabodetabek memiliki sinar yang paling terang, yang berarti menjadi penyumbang cuitan yang paling banyak terkait pemilu.
Puncak percakapan seputar pemilu di Twitter terjadi pada pukul 17.00 hingga 18.00 WIB dengan 220 ribu cuitan per menit. Itu berarti, masyarakat aktif menyuarakan pendapat seputar pemilu setelah mereka selesai melakukan aktivitas nyoblos atau saat memantau penghitungan cepat alias Quick Count.
ADVERTISEMENT
Kemeriahan pesta demokrasi ini juga tercatat dalam beberapa hashtag yang berhasil masuk ke dalam trending topic, seperti #Pemilu2019, #IndonesiaMemilih dan #SiapapunPresidennya. Ketiga hashtag tersebut mayoritas berisikan dukungan untuk memilih salah satu paslon dan pesta demokrasi secara general.
Sementara itu, ada juga hashtag lain seperti #TheVictoryofPrabowo dan #JokoWinElection yang berisi cuitan yang memberikan dukungan untuk paslon jagoan masing-masing. Hashtag ini mulai masuk trending topic Indonesia saat Quick Count dimulai.
Memang sudah tidak aneh lagi, perang hashtag antara pendukung kedua kandidat sudah lama menghiasi dunia maya, terutama di Twitter dan Facebook sejak beberapa bulan lalu.
Pada hari pencoblosan, tagar #TheVictoryOfPrabowo dan #JokoWinElection saling adu nyaring untuk menduduki peringkat teratas trending topic Twitter di dunia, bukan hanya Indonesia.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan