Tekno & Sains
·
21 Januari 2021 10:06

3 Hal Hebat yang Bisa Dilakukan NFC di HP

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 Hal Hebat yang Bisa Dilakukan NFC di HP (241563)
Logo NFC yang aktif tampil di layar kanan atas Oppo Reno 5. Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Saat ini, HP tak lagi cuma menjadi perangkat telekomunikasi semata. Ia berevolusi menjadi perangkat serba guna, mulai dari kamera saku, hingga alat pembayaran non-tunai. Kemampuan yang disebutkan terakhir itu dimungkinkan oleh teknologi bernama NFC (Near Field Communication).
ADVERTISEMENT
Sejak diperkenalkan pada 1983 lalu oleh Charles Walton, NFC telah jadi teknologi populer di pasar HP saat ini. Bisa dibilang, NFC telah menjadi pakem bagi HP kelas menengah ke atas di pasaran saat ini, seperti contohnya Oppo Reno 5 yang baru-baru ini dirilis di Indonesia.
Tanpa NFC, sebuah HP yang dibanderol dengan harga Rp 5 juta ke atas bakal terasa kurang dan tidak ada bedanya dengan perangkat di kelas di bawahnya.
NFC sendiri, seperti namanya, memungkinkan komunikasi jarak pendek kurang dari 4 cm di antara perangkat yang kompatibel. Ia didasarkan pada teknologi Radio-Frequency Identification (RFID), di mana informasi dikirimkan lewat induksi elektromagnetik.
Untuk memungkinkan pengiriman informasi itu, komunikasi via NFC setidaknya membutuhkan satu perangkat pemancar (transmitter) dan perangkat lainnya sebagai penerima sinyal (receiver).
3 Hal Hebat yang Bisa Dilakukan NFC di HP (241564)
Layar Oppo Reno 5. Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Perangkat NFC pasif biasanya memiliki tag atau pemancar kecil yang dapat mengirim informasi ke perangkat NFC lain tanpa membutuhkan sumber daya sendiri. Meski demikian, ia tak bisa terhubung dengan perangkat pasif lain maupun mengolah informasi dari dari sumber lain.
ADVERTISEMENT
Adapun perangkat aktif dapat mengirim dan menerima data serta dapat berkomunikasi satu sama lain serta dengan perangkat pasif. Umumnya, perangkat NFC aktif dapat kita temukan dalam smartphone ataupun pembaca kartu.
Di antara kedua perangkat NFC itu, nantinya pengiriman data akan ditransmisikan pada frekuensi 13,56 MHz. Adapun kecepatan pengiriman data di antara dua perangkat NFC bisa mencapai 106, 212, atau 424 kilobit per detik.
Dengan kecepatan tersebut, NFC membuka kemungkinan baru bagi pengguna untuk mengirimkan informasi secara mudah, membuat kehidupan kita jadi lebih praktis lagi. Berikut ini adalah sejumlah faedah NFC yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Cek dan isi e-money

Salah satu contoh kegunaan NFC di kehidupan sehari-hari adalah untuk mengecek saldo dan isi saldo di kartu uang elektronik (e-money).
ADVERTISEMENT
Dulu, untuk mengisi kartu e-money, kita perlu ke ATM atau kasir supermarket terdekat untuk top up saldo. Proses top up semacam itu tentu bakal menyulitkan kalau, misalnya, kita lagi berada di jalan tol dan tidak tahu kalau saldo kartu e-money telah habis. Karena akses top up yang jauh, paling banter harapan kamu untuk bisa bayar tol adalah dengan berharap kebaikan pengemudi di belakang kamu untuk meminjamkan e-money-nya sejenak.
3 Hal Hebat yang Bisa Dilakukan NFC di HP (241565)
Seorang karyawan kumparan menunjukkan kartu Flazz BCA kumparan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Seiring dengan layanan perbankan yang semakin mobile, pengguna HP dengan NFC enggak lagi perlu repot-repot isi saldo e-money mereka secara manual. Ia juga tak lagi perlu was-was kalau ternyata saldonya sudah habis. Cukup tempel kartu e-money ke HP yang telah mendukung NFC dan voila! Kamu sekarang bisa beli dan cek saldo e-money tanpa pergi ke ATM atau kasir.
ADVERTISEMENT

Bayar non-tunai

HP dengan NFC juga bisa jadi e-money itu sendiri. Melalui integrasi dengan dompet digital, pengguna NFC tak lagi perlu bawa uang untuk berpergian ke mana-mana.
Untuk pergi naik transportasi umum atau bayar makanan di restoran, misalnya, kamu cukup menempelkan HP kamu dengan reader yang tersedia. Tentu saja, untuk melakukan pembayaran ini, pastikan tempat yang kamu kunjungi punya reader NFC dan cocok dengan dompet digital kamu ya.
3 Hal Hebat yang Bisa Dilakukan NFC di HP (241566)
Panel belakang Oppo Reno 5 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan

Transer data

Satu kegunaan NFC yang mungkin jarang diketahui orang adalah untuk mengirimkan data antar perangkat. Dalam hal ini, NFC bisa bekerja mengirimkan data selayaknya Bluetooth atau WiFi. Perbedaannya, ia lebih mudah digunakan dan aman.
Ketika kita mau kirim data lewat Bluetooth atau WiFi, misalnya, kita perlu mengetik password yang dipasang untuk menyambungkan dua HP. Di NFC, kamu cuma perlu menempel kedua perangkat tersebut untuk mengirim data yang diinginkan. Selain itu, karena password NFC tidak perlu diketik, ia lebih aman dari penyadapan ketika mengirim data.
ADVERTISEMENT
Semua kehebatan dengan NFC itu sekarang bisa dilakukan di Oppo Reno 5 yang sudah rilis di Indonesia. Ia adalah smartphone komplet yang ada di harga Rp 5 juta. Dalami ragam fitur hebat yang ada di Oppo Reno 5 dalam konten review gadget di bawah ini:
Oppo Reno 5 dapat dipesan di situs e-commerce Shopee dan secara offline pada jaringan toko Oppo Store di seluruh Indonesia mulai 13 hingga 21 Januari 2021. Sementara penjualan perdananya digelar 22 Januari 2021.