kumparan
15 Oktober 2018 12:31

3 Hari Lagi Aplikasi Path Ditutup Total, Segera Amankan Data Anda

Salam perpisahan aplikasi Path
Salam perpisahan aplikasi Path. (Foto: Astrid Rahadiani/kumparan)
Dalam waktu tiga hari, tepatnya 18 Oktober mendatang, aplikasi jejaring sosial Path akan ditutup sepenuhnya. Sebelum mengucapkan selamat tinggal, bagi kamu yang merasa punya banyak kenangan di dalam aplikasi tersebut sebaiknya segera mengamankan data-data milikmu.
ADVERTISEMENT
Path memberikan kesempatan bagi para pengguna untuk men-download foto dan video yang pernah diunggah di aplikasinya. Ketika mengumumkan jika aplikasinya akan ditutup sepenuhnya, Path memberitahu langkah-langkah bagi pengguna untuk backup datanya.
Ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni melalui situs web Path dan juga aplikasinya. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut ini.
Situs web Path:
1. Kunjungi https://path.com/settings/backups
2. Login dengan akun Path
3. Masukkan email tujuan untuk menerima data backup dan klik 'Send the Request'
Aplikasi Path:
1. Buka aplikasi Path dan klik Setting di bagian profil pengguna
2. Klik tombol 'Click here to backup your files'
3. Masukkan email tujuan untuk menerima data backup
4. Atau bisa langsung klik tombol 'Click here to backup your files' di notifikasi di atas tampilan Home
ADVERTISEMENT
Untuk melakukan backup ini, pastikan kamu telah mengunduh aplikasi Path dalam versi terbaru 8.0.0. Setelah tanggal 18 Oktober, para pengguna tidak akan bisa lagi mengakses aplikasi Path, termasuk layanan backup-nya.
Salam perpisahan aplikasi Path
Salam perpisahan aplikasi Path. (Foto: Astrid Rahadiani/kumparan)
"Dengan sangat menyesal kami menginformasikan jika kami akan berhenti menyediakan layanan kami, Path. Kami memulai Path sejak tahun 2010 dalam sebuah kelompok kecil yang penuh hasrat serta desainer dan teknisi berpengalaman," tulis Path, dalam pemberitahuan mengenai penutupan aplikasinya.
"Selama petualangan ini kami telah berbagi tawa dan tangis dengan Anda, dan belajar banyak hal bernilai. Sekarang waktunya kami menutup layanan kami untuk memprioritaskan pekerjaan kami demi melayani Anda dengan produk dan layanan yang lebih baik," lanjut tulisan tersebut.
Perpisahan dari Aplikasi Path
Perpisahan dari aplikasi Path. (Foto: Path)
Aplikasi Path memang sempat sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu, Path 'tenggelam' di tengah riuhnya aplikasi media sosial lain, terutama Instagram.
ADVERTISEMENT
Akhirnya, Path pun menyerah dan para penggunanya harus mengucapkan selamat tinggal pada aplikasi penuh kenangan itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan