Tekno & Sains
·
15 Oktober 2020 9:13

3 iPhone Ini Juga Dijual Tanpa Charger dan Earphone Seperti iPhone 12

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 iPhone Ini Juga Dijual Tanpa Charger dan Earphone Seperti iPhone 12 (70469)
Unboxing iPhone 11. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Apple melakukan kebijakan baru yang cukup kontroversial dengan tidak memberikan charger dan earphone untuk pembelian iPhone 12. Rupanya, hal itu juga berlaku untuk tiga tipe iPhone lainnya, yaitu iPhone XR, iPhone 11, dan iPhone SE 2020.
ADVERTISEMENT
Ketiga iPhone tersebut dijual tanpa adapter charger dan EarPods seperti iPhone 12. Sebelumnya, pembeli iPhone XR, iPhone 11, dan iPhone SE 2020 mendapatkan charger dan earphone dalam kotak pembeliannya.
Dalam penelusuran kumparan, sejauh ini kebijakan tersebut berlaku untuk negara-negara yang memiliki toko resmi Apple Store. Hal itu terlihat dari situs Apple Store masing-masing negara yang sudah menginfokan bahwa setiap pembelian iPhone XR, iPhone 11, dan iPhone SE 2020 tidak akan mendapatkan charger dan EarPods.
3 iPhone Ini Juga Dijual Tanpa Charger dan Earphone Seperti iPhone 12 (70470)
Unboxing iPhone 11, ketika ponsel dinyalakan. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Apple membuat pengecualian untuk Prancis, di mana masih akan mendapatkan EarPods yang dibundel dengan semua model iPhone. Hal ini dikarena undang-undang aksesibilitas setempat yang mengharuskan produsen ponsel menyediakan earphone dalam produk mereka.
Sementara, kebijakan itu juga belum berlaku di Indonesia, yang penjualan produk Apple dilakukan oleh mitra distributor Erajaya. Jaringan ritelnya, iBox dan Digimap, di situs webnya masih memberikan keterangan pembelian ketiga iPhone tersebut akan mendapatkan charger dan EarPods di dalam kotaknya.
ADVERTISEMENT
Menurut Apple, dengan tidak lagi menyertakan charger dan earphone, maka akan membuat lingkungan menjadi lebih baik. VP Environment, Policy and Social Initiatives Apple, Lisa Jackson, mengatakan ketiadaan charger dan earphone bawaan ini untuk mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan dari limbah produk mereka.
3 iPhone Ini Juga Dijual Tanpa Charger dan Earphone Seperti iPhone 12 (70471)
Kotak penjualan iPhone 12 yang lebih ramping. Foto: Apple
Lisa menjelaskan, sejauh ini pengguna iPhone telah memiliki lebih dari 700 juta kabel Lightning. Selain itu, ada 2 miliar power adapter Apple di dunia saat ini.
"Jadi, kami menghapus barang-barang ini dari kotak iPhone," kata Lisa dalam Apple Event, Selasa (13/10).
Dengan demikian, isi kotak iPhone XR, iPhone 11, iPhone SE 2020, dan iPhone 12 Series hanya berisikan smartphone, kabel USB Lightning, SIM tray ejector, buku petunjuk, kartu garansi, dan stiker Apple. Bentuk kotak penjualannya pun terlihat lebih ramping dan sederhana.
ADVERTISEMENT