Tekno & Sains
·
16 Oktober 2020 11:14

4.000 Game PS4 Bisa Dimainkan di Konsol PlayStation 5

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4.000 Game PS4 Bisa Dimainkan di Konsol PlayStation 5 (72616)
PlayStation 5. Foto: Sony PlayStation
Sony memastikan bahwa hampir seluruh game PlayStation 4 (PS4) akan bisa dimainkan di perangkat PlayStation 5 (PS5). Bahkan beberapa game akan memperoleh peningkatan performa ketika dimainkan di konsol terbarunya Sony itu.
ADVERTISEMENT
Fitur backward compatibility telah dipastikan hadir di PS5 dengan beberapa peningkatan performa. Dua contoh game PS4 yang akan mendapatkan peningkatan adalah Cyberpunk 2077 dan Spider-Man: Miles Morales.
Namun, Sony memperingatkan bahwa “beberapa game PS4 mungkin akan mengalami error atau hal-hal yang tidak disangka ketika dimainkan di konsol PS5.” Beberapa fitur dalam game PS4 juga mungkin tidak akan tersedia.
Lalu, bagaimana cara bermain game PS4 di konsol PS5? Dikutip dari laman web resmi Sony PlayStation, berikut adalah hal-hal yang perlu para gamer perhatikan.
4.000 Game PS4 Bisa Dimainkan di Konsol PlayStation 5 (72617)
Controller PlayStation 4 dan PlayStation 5. Foto: Geoff Keighley,Twitter

Cara Bermain Game PS4 di Konsol PS5

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan gamer untuk mengakses game PS4 pada konsol PS5. Jika kamu memiliki CD dari game di PS4, caranya menjadi sangat mudah. Pengguna hanya perlu memasukkan CD ke perangkat PS5.
ADVERTISEMENT
Beberapa game mungkin akan membutuhkan update untuk bisa bermain. Namun di luar hal tersebut, game bisa langsung dimainkan seperti biasa tanpa masalah yang berarti.
Namun, jika kamu memiliki game yang dibeli secara digital melalui platform PlayStation, tahapannya menjadi sedikit lebih rumit. Ketika pengguna masuk ke dalam konsol PS5 dan login sesuai akunnya, seluruh game PS4 yang telah dibeli akan muncul.
Tetapi, kamu tidak akan langsung bisa memainkannya. Game tersebut masih harus diunduh atau download sebelum permainan bisa dimulai. Kecepatan download tentu bergantung pada besarnya data pada game dan jaringan internet pengguna.
4.000 Game PS4 Bisa Dimainkan di Konsol PlayStation 5 (72618)
Konsol game Sony PlayStation 5. Foto: Sony
Salah satu keuntungan bermain game PS4 di konsol PS5 adalah game bisa dimainkan dengan data dari memori eksternal (external drive). Pasalnya, game PS5 tidak akan bisa seperti ini karena harus disimpan di dalam SSD internal perangkat.
ADVERTISEMENT
Sony juga menyampaikan bahwa mereka akan memberikan opsi untuk memindahkan data dari PS4 ke PS5 lewat jaringan Wi-Fi atau kabel LAN. Hal yang sama juga akan bisa diaplikasikan pada progress game yang disimpan.
Seluruh data penyimpanan game bakal bisa dipindahkan dari PS4 ke PS5 melalui USB atau penyimpanan cloud yang dimiliki oleh gamer yang berlangganan PlayStation Plus.
Menurut Sony, controller PS4 akan lebih baik digunakan untuk bermain game PS4. Hal ini disebabkan controller PS5 baru yang memiliki banyak fitur tambahan yang belum bisa dipakai di game PS4.
4.000 Game PS4 Bisa Dimainkan di Konsol PlayStation 5 (72619)
Konsol game Sony PlayStation 5. Foto: Sony

10 Game PS4 yang Tak Bisa Dimainkan di PS5

Selain 4.000 game PS4 bisa dimainkan di PS5, ternyata masih ada sejumlah game PS4 tidak kompatibel dengan mesin konsol PS5. Sony bilang, game-game ini bakal ditandai dengan tulisan 'dapat dimainkan: hanya PS4' (Playable on: PS4 only) di toko aplikasi PlayStation Store sebagai informasi tambahan untuk pemain.
ADVERTISEMENT
Total ada 10 game PS4 yang tidak dapat dimainkan di PlayStation 5. Berikut daftarnya:
  • DWVR
  • Afro Samurai 2: Revenge of Kuma Volume One
  • TT Isle of Man – Ride on the Edge 2
  • Just Deal With It!
  • Shadow Complex Remastered
  • Robinson: The Journey
  • We Sing
  • Hitman Go: Definitive Edition
  • Shadwen
  • Joe’s Diner
(EDR)