kumparan
21 Nov 2017 15:48 WIB

4 Startup Terbaik Pemenang Telkomsel The NextDev 2017

Startup Showcase The NextDev 2017 Bandung. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
Kompetisi startup The NextDev 2017 yang diinisiasi oleh Telkomsel telah sampai pada puncaknya. Setelah melewati berbagai tahapan seleksi sejak Juli lalu, empat startup yaitu CekMata, Squline, Karapan, dan Marlin Booking, akhirnya terpilih sebagai pemenangnya.
ADVERTISEMENT
Menurut Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, keempat startup tersebut berhasil menyisihkan 16 finalis lainnya karena punya kemampuan untuk memberikan solusi bagi masalah-masalah yang ada di tengah masyarakat.
"Selamat kepada empat aplikasi terbaik The NextDev 2017. Semoga aplikasi-aplikasi ini dapat memberikan dampak langsung yang positif terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya di bidang kesehatan, pendidikan, agrikultur, dan transportasi," kata Ririek pada Senin (20/11).
Sebelum mendapatkan hadiah utama 7M (Market Access, Marketing, Mentoring, Management Trip, Money, Monetizing dan Match Expert), keempat startup itu harus melalui fase penjurian akhir dengan melakukan final pitching di hadapan panel juri selama tiga menit.
Mereka harus meyakinkan panel juri mengenai kompetensi startup dan aplikasi digital yang dikembangkannya berdasarkan masalah yang ditemukan, solusi yang ditawarkan, validasi pasar, model bisnis, rencana pengembangan produk, strategi pegembangan bisnis, serta kapabilitas tim.
ADVERTISEMENT
nbwxhycnwbdgb8z0xi6bta03em2ll9nz9izfmrnyejvlzz6dvyltmpeppyd0g9vcldu0bs236bddenwv
Panel jurinya sendiri diisi oleh Irfan Tachrir (Direktur HCM Telkomsel), Samuel A. Pangerapan (Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika), Ariff Kamal (Associate SEO Director GroupM), Dayu Dara (Vice President Go-Jek), Dennis Adhiswara (CEO Layaria), dan Alamanda Shantika (Co-Founder Binar).
Berdasarkan hasil final pitching, keluar 8 finalis yang kemudian masuk dalam babak Startup Battle untuk menentukan pemenang utama dari setiap kategori (e-Health, e-Education, e-Agriculture, dan e-Transportation), hingga akhirnya keluar 4 pemenang: CekMata, Squline, Karapan, dan Marlin Booking.
Selain mendapatkan hadiah utama 7M, 4 pemenang ini juga akan mengikuti pelatihan lebih lanjut dari Telkomsel dalam program inkubasi The NextDev Academy 2018 bersama finalis lainnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan