Tekno & Sains
·
21 September 2020 13:06

5 Fitur Multitasking Hebat yang Cuma Ada di Samsung Galaxy Z Fold2

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Fitur Multitasking Hebat yang Cuma Ada di Samsung Galaxy Z Fold2 (18191)
Samsung Galaxy Z Fold 2 Foto: Samsung
Perangkat Samsung Galaxy Z Fold2 telah resmi diluncurkan beberapa waktu lalu. Samsung membawa teknologi dan inovasi terbaru yang membawa smartphone lipatnya kepada tingkat terdepan.
ADVERTISEMENT
Nampaknya, perangkat ini memang dirancang Samsung untuk memberikan kenyamanan multi-tasking bagi pengguna. Hal ini tergambar dengan banyaknya fitur yang bisa meningkatkan produktivitas lewat multi-tasking.
“Pengguna Galaxy Fold memberikan feedback yang sangat positif tentang Layar Utama, secara spesifik berkomentar mengenai pengalaman multi-tasking,” ujar Flagship Product Planning dari Samsung Electronics, Dug Jin Han.
Lalu, fitur apa saja yang disediakan Samsung pada Galaxy Z Fold 2 untuk mendukung multi­-tasking? Berikut adalah ulasannya.
5 Fitur Multitasking Hebat yang Cuma Ada di Samsung Galaxy Z Fold2 (18192)
Perbedaan Samsung Galaxy Z Fold2 vs Galaxy Fold. Foto: Samsung

Multi-Active Window

Fitur pertama yang paling mencolok adalah Multi-Active Window. Tidak main-main, Samsung memberikan kesempatan bagi pengguna untuk membuka 3 aplikasi sekaligus dalam satu layar!
Ketiga aplikasi akan terbuka dalam Layar Utama. Dua aplikasi akan terbuka sebesar masing-masing seperempat layar utama. Sementara satu buah aplikasi akan terbuka sebesar setengah Layar Utama perangkat.
ADVERTISEMENT
Pengguna juga bisa mengatur arah terbukanya aplikasi. Misalnya, jika pengguna tengah membuka Twitter, tentu akan lebih mudah jika aplikasi terbuka secara vertikal pada layar. Sementara itu, jika pengguna akan menonton video di YouTube, aplikasi bisa dengan mudah terbuka secara horizontal pada setengah layar bagian atas atau bawah.
Aplikasi mana yang terbuka secara setengah layar atau seperempat juga dapat diatur dengan mudah. Pengguna hanya perlu menarik aplikasi tersebut ke layar yang dikehendaki.
Lebar atau luas layar juga bisa diubah dengan mudah. Pengguna hanya perlu menekan lama tanda dua buah garis di tengah layar dan menariknya hingga layar berukuran sesuai kebutuhan.
5 Fitur Multitasking Hebat yang Cuma Ada di Samsung Galaxy Z Fold2 (18193)
Samsung Galaxy Z Fold 2 Foto: Samsung

Edge Panel

Fitur Multi-Active Window juga dilengkapi fitur Edge Panel untuk semakin meningkatkan produktivitas. Hanya dengan menggeser sisi kanan layar, sebuah panel berisi berbagai aplikasi akan terbuka.
ADVERTISEMENT
Pengguna hanya perlu menarik aplikasi dari panel tersebut dan meletakkannya pada Layar Utama. Secara otomatis, aplikasi tersebut akan terbuka bersebelahan dengan aplikasi lain yang saat itu tengah digunakan pada Layar Utama.
Pengguna juga bisa mengatur isi aplikasi pada Edge Panel. Bahkan, dua buah aplikasi yang sering digunakan berbarengan bisa diatur dalam satu kelompok. Jika sudah, saat ditarik dari Edge Panel ke layar, dua aplikasi tersebut akan bisa langsung terbuka.
“Sejak pertama kali dikenalkan, tiga aplikasi secara split-screen pada saat yang bersamaan, kami menghabiskan banyak waktu untuk memahami kebutuhan pengguna untuk memberikan pengalaman yang terbaik,” ungkap Yeonjoo Jwa dari tim Basic UX Samsung.
“Kami mempelajari bahwa setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda. Memahami ini, kami memutuskan untuk bergerak ke arah pengembangan lewat pengujian oleh pengguna,” lanjut Yeonjoo.
ADVERTISEMENT

Drag and Drop

Kemampuan multi­-tasking Galaxy Z Fold2 tidak berhenti di sana. Samsung juga memperkenalkan fitur Drag and Drop. Fitur ini dapat membuat berbagi informasi antar aplikasi jauh lebih mudah dan sederhana.
Fitur ini sebenarnya mirip dengan copy dan paste pada komputer. Ketika ingin menyalin konten dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang tengah dibuka dalam layar, pengguna cukup menyeret dokumen tersebut dan melepaskannya pada aplikasi tujuan.
Misalnya, ketika pengguna ingin mengirim gambar dari browser internet, pengguna hanya perlu menarik gambar tersebut dan melepaskannya pada aplikasi Gmail. Gambar secara otomatis akan tersalin dan bisa dikirim via e-mail.
Video
Tidak hanya aplikasi dari Google, Samsung juga bekerja sama dengan Microsoft. Melalui kerja sama ini, fitur Drag and Drop juga bisa digunakan antar aplikasi Microsoft.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, pengguna tidak perlu repot jika harus memindahkan data, misalnya dari Excel ke PowerPoint. Cukup tekan dan tahan data yang dibutuhkan pada Excel, seret, dan lepaskan pada aplikasi PowerPoint.

Split Screen Capture

Jika gambar yang ingin dikirimkan adalah berupa satu layar, pengguna dapat menggunakan fitur Split Screen Capture. Pada fitur Screen Capture biasa, pengguna akan memperoleh tangkapan satu layar penuh.
Samsung memberikan fitur tambahan pada Split Screen Capture. Ketika penangkapan layar sudah selesai, akan muncul pilihan ihwal layar aplikasi mana yang sebenarnya dibutuhkan oleh pengguna.
Ketika telah muncul pada bagian bawah layar, pengguna hanya perlu menekan satu tangkapan layar yang dibutuhkan. Pengguna juga bisa menarik dan menyeret tangkapan layar tersebut dan melepaskannya pada aplikasi yang tengah terbuka.
ADVERTISEMENT
Hal ini membuat proses penangkapan layar jauh lebih mudah dan sederhana. Misalnya pada layar utama tengah terbuka aplikasi pesan, PowerPoint, dan Gmail.
Lalu, pengguna membutuhkan gambar tangkapan layar hanya dari PowerPoint untuk dikirim melalui aplikasi pesan. Pengguna hanya perlu menjalankan fitur tangkapan layar secara biasa, kemudian pilihan akan muncul pada bagian bawah.
Pengguna hanya perlu menekan dan menyeret gambar tangkapan layar aplikasi PowerPoint yang muncul. Tangkapan layar itu kemudian bisa dilepaskan pada aplikasi pesan dan bisa langsung dikirim sebagai dokumen gambar.

Screen Layout and Zoom

Tampilan aplikasi juga dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan. Terdapat dua buah pilihan tampilan, (1) tampilan layaknya smartphone, serta (2) tampilan large-screen yang mirip tablet.
Selain itu, tampilan layar juga bisa diperbesar atau zoom sesuai kebutuhan. Kombinasi keduanya semakin memantapkan Galaxy Z Fold2 sebagai perangkat “mini-tablet”.
ADVERTISEMENT
“Samsung bekerja untuk mengoptimalkan layout aplikasi pada layar utama untuk mendukung alur kerja pengguna,” terang Dug Jin. “Pengguna dapat memilih jenis user interface (UI) yang sesuai dengan kebutuhan.”
Pemberian fitur ini tidak terlepas dari banyaknya pengguna yang mengaku menggunakan Galaxy Z Fold layaknya tablet. Dalam sebuah survei yang dilakukan Samsung, dilaporkan bahwa 70% pengguna Galaxy Z Fold yang juga memiliki tablet, mengaku mengalami pengurangan waktu penggunaan tabletnya.
Samsung Galaxy Z Fold2 menjadi perangkat yang mendukung produktivitas semaksimal mungkin. Samsung juga memasarkan perangkat ini sebagai HP high-end super mewah.
Smartphone terbaru Samsung ini sudah bisa dipesan dan dibeli oleh mereka yang tertarik. Samsung membanderol edisi ketiga HP lipatnya ini dengan harga Rp 33.899.000. Untuk informasi selengkapnya mengenai Galaxy Z Fold2, Anda dapat mengunjungi situs www.galaxylaunchpack.com.
ADVERTISEMENT