5 Inovasi Paling Keren dari Facebook yang Rilis di Konferensi F8

30 April 2019 16:13 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Facebook F8 di San Jose Foto: REUTERS/Stephen Lam
zoom-in-whitePerbesar
Facebook F8 di San Jose Foto: REUTERS/Stephen Lam
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Facebook kembali akan menggelar konferensi tahunan untuk para pengembang aplikasi yang bernama F8. Pada F8 2019, perusahaan akan menyelenggarakannya di McEnery Convention Center, San Jose, California, AS, pada 30 April dan 1 Mei 2019 waktu setempat.
ADVERTISEMENT
Media sosial ini biasa memanfaatkan F8 sebagai ajang pengumuman fitur baru untuk platform-nya sendiri atau developer yang ingin mengintegrasikan Facebook dengan aplikasinya.
Ada banyak fitur yang pernah diperkenalkan Facebook di F8. Berikut 5 inovasi keren yang pernah dirilis perusahaan di konferensi F8.
1. Dunia Virtual Facebook (Facebook Spaces) | F8 2017
Facebook Spaces merupakan platform sosial berbasis teknologi virtual reality yang diluncurkan dalam bentuk beta pada F8 edisi 2017 lalu. Di sini, pengguna bisa menciptakan avatar digitalnya dan berinteraksi dengan semua orang di seluruh dunia.
"Para aktor sangat menikmati pembuatan video ini sehingga mereka bertanya apakah mereka bisa tinggal di Spaces selama beberapa jam setelah selesai," kata Zuckerberg dalam unggahan video di akun Facebook resminya.
ADVERTISEMENT
2. Fitur Cari Jodoh | F8 2018
Di acara konferensi Facebook F8 tahun lalu, Zuckerberg mengungkap fitur kencan atau cari jodoh yang serupa dengan aplikasi Tinder. Fitur ini dibuat sebagai wadah para penggunanya untuk membangun hubungan jangka panjang yang sesungguhnya, bukan hanya sekadar mencari 'gebetan' atau hubungan singkat.
"Kami ingin Facebook menjadi tempat di mana kamu bisa membangun sebuah hubungan yang bermakna. Kami merancangnya dengan sistem privasi dan keamanan dari awal penggarapan," jelas Zuckerberg kala itu.
Ilustrasi Facebook. Foto: Dado Ruvic/Reuters
3. Video Call untuk Instagram | F8 2018
Fitur kencan online bukan hanya jadi satu-satunya inovasi keren yang diumumkan Facebook di konferensi tahunan F8. F8 2018 juga menjadi saksi peluncuran fitur video call di platform sosial berbagi foto dan video, Instagram.
ADVERTISEMENT
Fitur video call nantinya akan menjadi bagian dari opsi pengiriman pesan. Untuk memulai percakapan video, pengguna bisa pilih ikon kamera baru di pojok kanan atas ketika membuka jendela percakapan.
Panggilan video memungkinkan pengguna untuk mengobrol dengan satu orang atau beberapa orang dalam kelompok kecil. Selama panggilan berlangsung, pengguna bisa meminimalkan layar video untuk dapat terus menelusuri linimasa Instagram.
Fitur Baru Video Call Instagram Foto: Stephen Lam/Reuters
4. Timeline untuk Lihat Sejarah Pengguna Selama di Facebook | F8 2011
Di F8 tahun 2011, Zuckerberg mengumumkan perubahan besar dalam sejarah Facebook. Di sana, ia memperkenalkan fitur baru bernama Timeline.
Timeline menampilkan semua informasi pengguna yang berisi foto yang diunggah, status yang dibuat, aplikasi yang dipakai, dan lain-lain. Fitur ini akan merangkum semua posting-an yang pernah dilakukan pengguna di masa lalu hingga sekarang.
CEO Facebook Mark Zurkerberg Foto: REUTERS/Stephen Lam
ADVERTISEMENT
5. Tombol Like di Website Non-Facebook | F8 2008
Facebook identik dengan tombol Like yang bisa dimanfaatkan pengguna jika menyukai sebuah konten di platform. Fitur ini yang membuat Facebook semakin terkenal.
Di F8 edisi 2010, tombol Like tersebut diperluas dan bisa ditambahkan ke situs web apapun, macam plugin. Tombol Like yang menempel di sebuah website tertentu akan menampilkan beberapa nama pengguna Facebook yang telah menyukainya.
Ilustrasi Facebook di Amerika Serikat. Foto: REUTERS/Dado Ruvic