kumparan
search-gray
Tekno & Sains24 Mei 2020 11:14

6 Aplikasi Video Call Gratis untuk Silaturahmi Online saat Lebaran

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi Lebaran Virtual, Idul fitri, idulfitri
Ilustrasi lebaran online. Foto: Ngroho Sejati/kumparan
Momen Hari Raya Idul Fitri 1441 H memang terasa berbeda dibanding Lebaran tahun lalu. Sebagian masyarakat harus menahan rindu, tidak bisa mudik ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudara mereka.
ADVERTISEMENT
Hal itu harus dilakukan untuk tetap menjaga keluarga di kampung tetap sehat dan terhindar dari paparan virus corona. Pemerintah juga mengimbau untuk tidak mudik agar dapat menghentikan laju penyebaran virus corona di Indonesia.
Akibatnya, saat ini muncul istilah baru yaitu Lebaran online. Ya, masyarakat bisa menggunakan sejumlah aplikasi video call gratis yang bisa digunakan diberbagai perangkat smarpthone Android, iPhone, laptop, hingga tablet.
Ilustrasi Lebaran Virtual, Idul fitri, idulfitri
Ilustrasi lebaran online. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
kumparan memiliki rekomendasi beberapa aplikasi video call yang bisa digunakan secara gratis dan lancar untuk komunikasi lebaran online. Hal yang perlu kamu butuhkan sudah pasti kuota internet agar komunikasi berjalan lancar. Berikut daftar aplikasinya.

1. WhatsApp

Aplikasi pesan ini, tidak hanya bisa digunakan untuk berkirim pesan teks saja. Tapi juga video call dengan jumlah peserta maksimal delapan orang secara bersamaan. Kualitas video call-nya juga tergolong baik, disesuaikan dengan jaringan yang dipakai.
ADVERTISEMENT

2. Facebook Messenger

Aplikasi Facebook Messenger ini baru saja menerima fitur baru yaitu Messenger Rooms. Fitur tersebut bisa membuat penggunanya melakukan video call dengan jumlah peserta maksimal 50 orang. Layanan ini bisa digunakan gratis dan tanpa ada batasan waktu panggilan.
Messenger Rooms juga bisa digunakan untuk semua orang tanpa harus memiliki akun dan aplikasi Facebook. Peserta bisa bergabung dengan link yang diberikan oleh host.
Facebook Messenger Rooms
Facebook Messenger Rooms. Foto: Dok. Facebook

3. Instagram

Platform media sosial Instagram juga bisa digunakan untuk video call. Layanan ini tergolong baru, berbarengan dengan munculnya layanan Messenger Rooms. Jadi, video call dengan Instagram terjadi, karena adanya integrasi dengan Messenger Rooms.
Cara video call-nya, buka aplikasi Instagram, lalu pilih menu Instagram Direct. Ketuk ikon obrolan video, lalu pilih opsi "Create Rooms" untuk memulai video call.
ADVERTISEMENT
Di sana, kamu dapat memilih teman yang akan dikirimi undangan untuk bergabung. Atau bisa juga membuat link untuk bergabung ke Rooms yang kamu buat. Selanjutnya, aplikasi Messenger akan terbuka otomatis.

4. Zoom

Aplikasi yang satu ini selain untu rapat atau meeting, juga bisa digunakan untuk komunikasi Lebaran online dengan keluarga besar. Alasannya, karena Zoom bisa menampung hingga 100 peserta video call bersamaan untuk versi gratis. Sayangnya ada batasan waktu 40 menit.

5. Google Meets

Google Meets juga bisa digunakan gratis saat ini, dengan jumlah peserta bisa mencapai hingga 100 orang. Lebih baik lama daripada Zoom, Google Meets bisa digunakan hingga 60 menit.

6. Skype

Aplikasi Skype dengan layanan Meet Now bisa digunakan gratis untuk video call. Jumlah peserta yang bisa bergabung hingga 50 orang dengan batasan panggilan empat jam.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white