kumparan
27 April 2018 7:19

7 Langkah yang Bisa Dilakukan Apple untuk Bikin iPhone Murah

iPhone X
Ponsel Apple iPhone X. (Foto: Maxim Shemetov/Reuters)
Tahun ini diketahui Apple berencana meluncurkan tiga iPhone baru yang bakal diperkenalkan pada September mendatang. Rumornya, salah satunya iPhone yang diluncurkan akan memiliki harga yang jauh lebih murah dari harga iPhone X yang meluncur tahun lalu.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan terbaru analis yang selalu memperhatikan produk Apple, Ming-Chi Kuo dari KGI Securities, iPhone dengan layar LCD 6,1 inci diprediksi bakal dibanderol dengan harga 550 dolar AS atau setara Rp 7,5 juta, hampir setengahnya dari harga iPhone X yang dibanderol mulai Rp 18 juta di Indonesia.
Lalu jika melihat harga yang dirumorkan itu, tentu kita dibuat penasaran dengan cara yang ditempuh Apple untuk memangkas harga iPhone jadi lebih terjangkau. Harga ini sangat berbeda dengan harga produk iPhone sebelumnya.
Dilansir CNET, ada tujuh cara yang bisa saja dilakukan oleh Apple untuk menghadirkan iPhone murah tahun ini, yang pastinya ini berhubungan dengan penurunan spesifikasi.
1. Layar
Soal layar, Apple bisa kembali menggunakan teknologi LCD daripada OLED yang terkenal lebih mahal komponennya.
Peluncuran perdana iPhone X
Peluncuran perdana iPhone X (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
2. Kamera
ADVERTISEMENT
Satu kamera di bagian belakang bisa jadi solusi untuk menekan harga, ketimbang memakai dua unit kamera seperti produk kekinian lainnya.
Peluncuran perdana iPhone X
Peluncuran perdana iPhone X (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
3. Kamera depan
Apple dapat tetap menggunakan sistem kamera depan TrueDepth generasi pertama, bukan TrueDepth generasi berikutnya.
Peluncuran perdana iPhone X
Peluncuran perdana iPhone X (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
4. Sensor layar
Apple bisa menggunakan teknologi sensor layar 3D Touch yang ada pada iPhone 2017 dibanding memperbaruinya.
com-iPhone 4
com-iPhone 4 (Foto: Pixabay)
5. Penggunaan RAM dan memori internal
Pengaturan dalam menentukan kapasitas RAM dan memori internal bisa mengurangi harga iPhone di 2018. Dengan memakai kapasitas yang lebih kecil, tentu harga sebuah produk dapat ditekan.
Komponen iPhone X
Komponen iPhone X. (Foto: iFixit (CC BY-NC-SA 3.0))
6. Tetap menggunakan CPU A11
CPU A12 terbaru yang sedang dikembangakan Apple bisa saja menambah biaya produksi iPhone 2018, dan oleh karenanya biaya bisa ditekan jika memakai prosesor model lama.
iPhone X
iPhone X mejeng di Apple Store Tokyo. (Foto: Toru Hanai/Reuters)
7. Tidak pakai fitur pengisian daya nirkabel
ADVERTISEMENT
Meniadakan fitur ini bakal membuat harga iPhone jadi lebih rendah. Tetapi, langkah ini akan mengakibatkan menurunnya alat pengisi daya nirkabel AirPower buatan Apple.
iPhone X
Ponsel iPhone X. (Foto: Toru Hanai/Reuters)
Itu tadi sejumlah langkah yang sebenarnya bisa diambil Apple untuk membuat ponsel pintar yang lebih murah untuk menjangkau segmen konsumen yang lebih besar.
Selain iPhone dengan layar LCD 6,1 inci, ada lagi dua model ponsel yang akan masuk jajaran iPhone terbaru dan dibedakan berdasarkan ukuran layar, diantara iPhone X 5,8 inci dan "iPhone X Plus" dengan layar OLED 6,5 inci.
Fitur dual SIM juga dikabarkan akan hadir pada iPhone baru. Soal prediksi harga untuk iPhone LCD 6,1 inci dual SIM dibanderol 650 dolar AS, sementara iPhone OLED 6,5 inci single SIM 650 dolar AS dan 750 dolar AS untuk dual SIM.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan