Tekno & Sains
·
27 Januari 2021 19:57

Ada Kecurangan, Xiaomi Batalkan Flash Sale Poco M3 Miliaran Rupiah di Lazada

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ada Kecurangan, Xiaomi Batalkan Flash Sale Poco M3 Miliaran Rupiah di Lazada (156423)
Poco M3. Foto: Poco
Kesuksesan penjualan perdana smartphone Poco M3 lewat flash sale Lazada pada 26 Januari 2021 dinodai dengan tindakan curang sejumlah oknum. Hal tersebut membuat Xiaomi Indonesia membatalkan transaksi pembelian senilai miliaran rupiah.
ADVERTISEMENT
Dalam keterangan yang diterima kumparanTECH, transaksi pembelian Poco M3 bernilai miliaran rupiah di Lazada telah dibatalkan, karena temuan sejumlah transaksi yang teridentifikasi sebagai aktivitas yang tidak wajar dan bisa mengarah pada tindakan yang merugikan banyak pihak.
Pada penjualan perdana Poco M3 tertanggal 26 Januari 2021, Poco mengeklaim ada lebih dari 50.000 unit telah terjual dalam waktu lima menit pada tiga channel online yakni Lazada, Akulaku, dan mi.com, serta channel offline yakni Mi Store.
Product PR Manager Xiaomi Indonesia, Andi Renreng, mengatakan bahwa keputusan ini merupakan bagian dari upaya untuk memerangi pihak yang menjual kembali produk yang didapatkan melalui flash sale dengan harga di atas harga resmi.
“Kami berkomitmen untuk melindungi konsumen dan memastikan semua orang mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan inovasi dan teknologi dari smartphone Poco. Kami memohon maaf apabila ada yang terkena dampak dari pembatalan ini, semoga memahami bahwa kami melakukannya demi kepentingan bersama,” kata Andi.
Ada Kecurangan, Xiaomi Batalkan Flash Sale Poco M3 Miliaran Rupiah di Lazada (156424)
Poco M3. Foto: Poco
Andi menambahkan inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen Xiaomi untuk memastikan masyarakat bisa menikmati produk smartphone dengan harga resmi, serta membangun ekosistem penjualan dan distribusi di Indonesia yang lebih sehat.
ADVERTISEMENT
Bersamaan dengan pembatalan ini, akan diikuti dengan penjualan tambahan Poco M3 yang digelar pada tanggal 29 Januari 2021 pukul 10.00 WIB di Lazada. Sementara penjualan untuk tanggal 2 Februari mendatang akan dilakukan sesuai jadwal semula.
Apabila ada konsumen yang terdampak oleh pembatalan ini, Xiaomi menyarankan untuk bisa mengikuti kembali flash sale dengan menuju ke http://bit.ly/lazadapocom3.
Masalah barang gaib atau langka memang menjadi pekerjaan rumah bagi Xiaomi Indonesia. Sering kali, produk-produk smartphone Xiaomi dan Poco sulit didapatkan secara resmi di pasaran, baik online maupun offline.
Unit smartphone Xiaomi dan Poco di pasar kadang mengalami peningkatan harga dikarenakan barang yang langka atau gaib.
Ada Kecurangan, Xiaomi Batalkan Flash Sale Poco M3 Miliaran Rupiah di Lazada (156425)
Poco M3. Foto: Poco

Harga dan spesifikasi Poco M3

Ponsel Poco M3 sendiri memang menarik dengan menghadirkan spesifikasi yang tergolong tinggi untuk level low entry, namun dengan harga yang terjangkau.
ADVERTISEMENT
Poco M3 punya layar IPS inci seluas 6,53 inci dengan resolusi Full HD Plus (1080 x 2340 pixel). Ia memiliki proteksi Corning Gorilla Glass 3 di bagian depan dan belakang.
Di bagian dapur pacu, HP ini mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 662 dan kartu grafis Adreno 610. Kemampuannya didukung oleh RAM LPDDR4x dan memori internal UFS 2.2 yang terdiri dari varian 4/64 GB dan 6/128 GB.
Masuk ke aspek fotografi, Poco M3 mengandalkan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.8), macro 2 MP (f/2.4), dan depth sensor 2 MP (f/2.4). Di bagian depan, ia memiliki sebuah lensa kamera selfie 8 MP (f/2.1).
Untuk menunjang masa hidup baterai, Xiaomi menyematkan baterai jumbo 6.000 mAh di Poco M3. Ia juga punya fast charging 18 Watt.
ADVERTISEMENT
Dengan spesifikasi tersebut, Xiaomi membanderol Poco M3 dengan harga Rp 1.899.000 (harga perkenalan online Rp 1.799.000) untuk varian RAM dan memori internal 4/64 GB.
Sementara untuk varian 6/128 GB, dihargai Rp 2.299.000 (harga perkenalan Rp 2.199.000). Ia tersedia dalam tiga varian warna yakni Power Black, Cool Blue, dan Poco Yellow.