kumparan

Akun Instagram Ini Diblokir Karena Rekam 'Toy Story 4' di Bioskop

Toy Story 4
Toy Story 4 Foto: Dok: IMDB
Larangan mengambil gambar dan foto cuplikan film di dalam bioskop merupakan aturan yang seharusnya sudah diketahui setiap penonton. Tapi sayang, ternyata masih ada saja orang yang suka mengambil gambar adegan film untuk di-posting di media sosial.
ADVERTISEMENT
Sebagai platform berbagi foto dan video, ternyata Instagram melarang keras perilaku pengambilan gambar di bioskop untuk di posting di platform-nya. Buktinya, akun Instagram seorang perempuan asal Malaysia diblokir gara-gara melakukan hal itu.
Pemilik akun bernama yying822 merekam beberapa detik adegan dari film 'Toy Story 4' untuk kemudian di-posting di Stories miliknya. Akun perempuan itu memiliki followers sekitar 2.000 orang.
Sehari setelahnya, perempuan tersebut kaget ketika ia tidak bisa membuka akun Instagram-nya sendiri. Dia mendapat email yang isinya memberitahukan bahwa akunnya diblokir selama tiga hari karena mem-posting materi yang melanggar hak cipta di Instagram-nya.
Logo Instagram
Seseorang memotret logo Instagram. Foto: Charles Platiau/Reuters
Dia kemudian membagikan kisahnya di akun Facebook-nya. Ia menceritakan kejadian yang menimpanya kepada teman-temannya dan memperingatkan mereka agar tidak melakukan kesalahan yang sama seperti yang dia lakukan, seperti dilaporkan World of Buzz.
ADVERTISEMENT
“Akun Instagram saya diblokir oleh Instagram. Saya ingin membagikan pengalaman ini untuk memperingatkan teman-teman lain agar tidak mengikuti apa yang saya lakukan, merekam Insta Stories sambil menonton film di bioskop,” tulisnya.
Loading Instagram...
“Jika tidak, kamu akan diblokir. Saya cukup terkejut karena saya hanya merekam 'Toy Story' selama beberapa detik, tetapi saya mendapat email di pagi hari yang mengatakan bahwa saya melanggar hak cipta Disney. Saya ingin membenturkan kepala saya di dinding,” tambahnya.
Postingan Ying di Instagram kini telah dihapus karena film tersebut dilindungi oleh Digital Millennium Copyright Act (DMCA.
Perilaku sembarangan mengambil gambar adegan film di bioskop memang benar-benar menyalahi aturan. Di samping perbuatan yang melanggar hak cipta, banyak orang juga yang kesal karena terkena spoiler.
ADVERTISEMENT
Jangan ditiru ya guys!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan