kumparan
28 September 2019 9:21

Alibaba Cloud Umumkan Arsitektur Komputasi X-Dragon Generasi Ketiga

Alibaba Cloud
Alibaba Cloud. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan
Alibaba Cloud mengumumkan X-Dragon Architecture generasi ketiganya dalam acara Apsara Conference 2019 di Hangzhou, China. Hadirnya arsitektur anyar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan artificial intelligence (AI) pada komputasinya.
ADVERTISEMENT
X-Dragon Architecture generasi ketiga ini akan dikeluarkan ke setiap server Alibaba Cloud di seluruh dunia pada 2020 nanti. Arsitektur ini diklaim bisa meningkatkan performa server hingga lima kali lipat pada matriks kuncinya.
"Kami memahami bahwa pengembangan bersama dari cloud dan AI (kecerdasan buatan) sangat vital untuk menghasilkan sebuah sinergi yang substansial di era digital ini. Alibaba Cloud berusaha menggunakan pengalamannya selama bertahun-tahun di ekosistem Alibaba Group untuk membawa AI ini kepada para konsumen," kata Ma Jin, President of Product and Solution Alibaba Cloud Intelligence.
Alibaba Cloud, X-Dragon Architecture
Peluncuran arsitektur X-Dragon generasi ketiga dari Alibaba Cloud. Foto: Alibaba Cloud
"Platform AI kami adalah faktor pendorong dalam kesuksesan Alibaba Group di bidang e-commerce, logistik, finance, dan ritel baru. Menggunakan keahlian dan praktik industri Alibaba Cloud, layanan cloud kami membuat AI bisa lebih mudah diakses," lanjut dia.
ADVERTISEMENT
X-Dragon Architecture generasi ketiga bisa dengan mudah mengintegrasikan berbagai platform komputasi, seperti Elastic Compute Service (ECS), server, dan mesin virtual dalam satu arsitektur atau tempat.
Dalam tes skenario e-commerce, X-Dragon Architecture terbaru meningkatkan kueri per detik atau queries-per-second (QPS) hingga 30 persen. Dia juga punya kemampuan untuk menurunkan latensi hingga 60 persen.
Selain itu, X-Dragon Architecture generasi ketiga ini juga disebut ramah lingkungan. Ini karena arsitektur tersebut tidak membuang energi akibat penggunaan server fisik. Hal itu membuatnya mengurangi biaya komputasi hingga 50 persen.
Di samping itu, Alibaba Cloud juga memperkenalkan ECS Instance generasi keenam. ECS ini juga dibuat berdasarkan X-Dragon Architecture. ECS Instance generasi keenam dapat meningkatkan kemampuan komputasi hingga 20 persen, mengurangi latensi memori hingga 40 persen, dan menurunkan latensi storage IO hingga 70 persen.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan