Tekno & Sains3 Agustus 2017 20:43

Amvesindo: Investor Kini Lebih Rasional Melihat Startup

Konten Redaksi kumparan
Amvesindo: Investor Kini Lebih Rasional Melihat Startup (19548)
Jefri R. Sirait, Ketua Amvesindo. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
Ajang Amvesindo Demo Day 2017 resmi dibuka pada Kamis (3/8). Di ajang ini para startup terpilih akan pamer inovasi di hadapan para investor yang tergabung dalam Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia. Bagaimana tren investor melihat startup yang tumbuh? Menurut Ketua Amvesindo, Jefri R. Sirait, investor sekarang lebih rasional dalam melihat startup, seperti halnya masyarakat umum melihat suatu perusahaan. Mereka akan memperhatikan kekuatan fundamental suatu startup, kemampuan startup menjawab targetnya, serta daya tarik sektor industri startup, sebelum menanamkan modalnya. Tentu saja, para investor juga realistis berharap uang yang telah mereka gelontorkan, bisa kembali dalam jangka waktu tertentu di tengah risiko besar uang "hangus" karena produk yang gagal mendapatkan sambutan dari warga. "Investor lebih rasional dalam melihat suatu startup. Mereka cenderung melihat dulu kekuatan yang dipunya dan attractiveness dari sektor industri yang ingin di-funding," ujar Jefri di sela acara Amvesindo Demo Day 2017 di gedung Indonesia, Jakarta.
ADVERTISEMENT
Amvesindo: Investor Kini Lebih Rasional Melihat Startup (19549)
Startup Tamasia di Amvesindo Demo Day 2017. (Foto: Amvesindo)
Solusi yang ditawarkan untuk warga, menjadi faktor penting kesuksesan sebuah startup dalam membangun bisnis. Mereka dituntut untuk membangun produk yang jadi solusi untuk banyak orang, untuk masalah di sebuah daerah. Mengenai sektor industri, fintech (financial technology) disebut Jefri masih bakal menjadi primadona walau sektor tersebut sudah 'booming' ketenarannya sejak setahun terakhir. "Fintech masih menjadi bintang saat ini. Kedua e-commerce, dan ketiga yang mulai hidup mengenai edukasi, energi, transportasi, serta smart city. Ini sektor menjadi atraktif dua hingga tiga tahun ke depan," tambah Jefri.
Jefri membuka acara Amvesindo Demo Day 2017 di gedung Indosat, Jakarta, pada Kamis (3/8). Dia berharap ajang yang menjadi wadah bertemunya startup dengan para investor, inkubator, regulator, asosiasi industri, dan juga kalangan akademis ini bisa terus dilakukan setiap tahunnya. "Demo Day ini tahun kedua. Kita punya business plan setiap tahun harus ada. Ketika membangun asosiasi kita punya morale obligation bahwa asosiasi ini sebagai wadah pertemuan industri. Acara (Demo Day) ini sebagai pelengkap, makanya ada regulator, media, inkubator, dan lain sebagainya. Ini contoh ekosistem yang mau dibangun bahwa mempertemukan itu sebenarnya tidak sulit asal kita punya keinginan," ujar Jefri.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white