kumparan
10 November 2018 9:54

Aplikasi Android dengan 'Dark Mode' Bikin Hemat Baterai

IIustrasi bermain smaratphone. (Foto: Thinkstock)
Seorang teman pernah berkata jika menggunakan wallpaper berwarna gelap di smartphone, konon katanya dapat menghemat daya baterai. Perkataan teman itu tidak saya amini begitu saja, hingga Google kemudian menyatakan hal serupa dengan yang dikatakan teman saya.
ADVERTISEMENT
Google berkata, tampilan layar gelap atau Dark Mode pada suatu aplikasi Android bisa memberikan efek yang signifikan dalam jumlah pemakaian daya baterai smartphone.
Dalam presentasinya di Android Dev Summit pada Kamis (8/11), raksasa teknologi itu menunjukkan bagaimana mode gelap dapat menggunakan daya 43 persen lebih sedikit pada kecerahan penuh daripada mode normal di aplikasi YouTube, yang banyak menggunakan latar warna putih.
Lucunya, Google baru mengakui hal tersebut setelah mendorong pengembang untuk menggunakan warna putih pada aplikasi mereka, termasuk aplikasi buatan Google sendiri. Sayangnya, hal itu menyebabkan pengalaman yang tidak konsisten pada perangkat seluler.
Kini para pengembang, termasuk Google, memberikan opsi untuk mengaktifkan mode gelap pada berbagai aplikasi. Tetapi banyak aplikasi lain yang belum menawarkan mode gelap dan menggunakan warna putih sebagai warna tema utama.
Ilustrasi bermain ponsel (Foto: dok.Thinkstock)
Efek hemat baterai dari mode gelap juga lebih terasa ketika layar yang digunakan berteknologi OLED, yang sudah banyak digunakan pada smartphone khususnya kelas flagship. Sayang, kesan yang sama tidak dirasakan pada layar LCD.
ADVERTISEMENT
Pada layar OLED tidak bersinar pikselnya saat menampilkan warna hitam. Intinya, piksel yang menampilkan warna hitam sebenarnya dimatikan dan menggunakan daya yang sangat kecil.
Di sisi lain, layar LCD memiliki lampu latar yang selalu bersinar, bahkan ketika menampilkan warna hitam. Hal itu jadi tidak memberikan efek penghematan baterai.
Setelah Google memberikan pernyataannya ini, mungkin kita akan melihat lebih banyak aplikasi yang akan memberikan opsi mode gelap dalam waktu dekat, menyusul YouTube dan Twitter.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan