kumparan
19 November 2018 12:41

Aplikasi Tumblr Tiba-tiba Hilang dari Apple App Store, Ada Apa?

Ilustrasi Tumblr
Ilustrasi Tumblr. (Foto: josh james via flickr)
Aplikasi media sosial dan microblogging Tumblr dilaporkan hilang dari toko aplikasi Apple. Sejumlah pengguna mengeluh kesulitan menemukan aplikasi Tumblr di Apple App Store.
ADVERTISEMENT
Hilangnya Tumblr dari Apple App Store mulai ramai dibicarakan pada awal pekan ini. Pengguna melaporkan bahwa ada masalah dengan pencarian Tumblr di toko aplikasi Apple, meski hal itu sudah dilakukan tanpa mengaktifkan fitur Safe Mode.
Ada juga sebagian pengguna iOS melaporkan mereka bisa mengunduh ulang aplikasi Tumblr dengan masuk ke halaman pembelian.
Tumblr sendiri langsung angkat bicara perihal isu ini. Dilansir The Verge, perusahaan 'mengaku' tengah berupaya menyelesaikan masalah dengan aplikasi iOS-nya.
Sayangnya, Tumblr tidak menjelaskan isu apa yang sedang diperbaikinya dan juga apakah aplikasinya itu hilang dari App Store karena dihapus oleh Apple atau perusahaan sendiri. Ada spekulasi bahwa isu ini berhubungan dengan adanya konten tak pantas dan melanggar pedoman Apple.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Apple telah menghapus beberapa aplikasi dari App Store di masa lalu. Pada awal tahun ini misalnya, aplikasi pesan instan Telegram pernah diblokir karena ditemukan konten pornografi anak.
Pedoman Apple menjelaskan aplikasi apa pun yang tersedia di App Store harus memiliki semacam filter konten untuk menyaring materi tersebut. Sementara Tumblr dikenal bebas dan terbuka dengan konten yang disajikan oleh penggunanya, termasuk konten dewasa.
Hal itu juga yang menyebabkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) hingga kini masih memblokir situs dan aplikasi Tumblr di Indonesia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan