kumparan
3 Januari 2020 9:35

Apple Bakal Rilis Komputer dan Laptop Gaming di 2020?

Pabrik Apple (portrait)
Logo Apple (portrait) Foto: Heinz-Peter Bader/Reuters
Industri gaming yang terus berkembang pesat, tampaknya mulai dilirik oleh Apple. Perusahaan teknologi berlogo Apel digigit itu dikabarkan akan terjun ke bisnis gaming dengan perangkat komputer dan laptop terbaru pada 2020 mendatang.
ADVERTISEMENT
Patently Apple melaporkan bahwa raksasa teknologi asal AS itu berencana untuk meluncurkan perangkat komputer Mac yang berfokus pada esports. Komputer buatan Apple diyakini bakal memiliki spesifikasi ultra high-end dan harganya bisa mencapai sekitar 5.000 dolar AS atau Rp 69,6 juta.
Desain baru Mac Pro keluaran tahun 2019
Desain baru Mac Pro keluaran tahun 2019. Foto: REUTERS/Mason Trinca
Jika laporan ini benar, berarti akan menjadi indikasi usaha Apple untuk mengambil margin keuntungan yang bagus dari industri game melalui produk perangkat keras. Selama ini, Apple hanya mendapatkan keuntungan dari software game yang dijual di Apple App Store dan terbaru dari paket langganan Apple Arcade.
Apple sendiri memiliki semua sumber daya untuk merancang dan membuat PC gaming, termasuk pabrik perakitan Quanta, pemasok chip seperti TSMC, produsen manufaktur Hongzhun dan Kecheng, produsen power supply Delta dan Lite-On serta lainnya.
Laptop Apple MacBook Pro
Laptop Apple MacBook Pro. Foto: Caio Resende via Pexels
Sumber lainnya juga mengatakan bahwa Apple kemungkinan tidak hanya memproduksi PC gaming, tapi juga berpotensi menghasilkan laptop gaming bergaya MacBook. Kedua perangkat ini, kemungkinan akan diungkap dalam acara tahunan Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) pada Juni tahun depan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan