Tekno & Sains
·
2 Oktober 2020 18:47

Apple Cari Karyawan yang Bisa Bantu Siri Berbahasa Indonesia, Berapa Gajinya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Apple Cari Karyawan yang Bisa Bantu Siri Berbahasa Indonesia, Berapa Gajinya? (320666)
Fitur perintah suara Siri di perangkat Apple. Foto: REUTERS/Stephen Lam
Apple mulai serius untuk mengembangkan asisten virtual miliknya, Siri, agar bisa digunakan dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Untuk menambah pustaka bahasa tersebut, Apple sedang membuka lowongan kerja sebagai Annotation Analyst dengan spesialisasi Bahasa Indonesia.
ADVERTISEMENT
Dari halaman resmi Apple, dijelaskan bahwa tim Anotasi yang ditugaskan khusus untuk fokus pada memperkaya pengalaman pengguna Siri. Secara sederhana, tugas utama Annotation Analyst meliputi mendengarkan dan mentranskripsikan file audio, serta mengevaluasi respons Siri dan penggunaan bahasanya.
"Anda akan menggunakan pengetahuan bahasa dan budaya Anda, bersama dengan keterampilan analitis, untuk mengevaluasi tanggapan sesuai dengan pedoman. Fleksibilitas dan kemampuan Anda untuk memprioritaskan tugas sangat penting. Kami fokus pada pengalaman pengguna, berpikir secara kreatif tentang bagaimana pelanggan menggunakan Siri dan menggunakan pengetahuan ini untuk peningkatan layanan," tulis deskripsi lowongan kerja tersebut.
Apple Cari Karyawan yang Bisa Bantu Siri Berbahasa Indonesia, Berapa Gajinya? (320667)
Sejumlah orang menggunakan smartphone di luar toko Apple. Foto: REUTERS / Thomas Peter

Syarat dan perkiraan gaji Annotation Analyst di Apple

Selain memiliki pengalaman pekerjaan yang setara dan gelar pendidikan sarjana, ada beberapa syarat kualifikasi yang harus dimiliki pelamar Annotation Analyst spesialisasi Bahasa Indonesia. Berikut daftarnya:
ADVERTISEMENT
  • Fasih berbahasa Inggris.
  • Memiliki keterampilan mendengarkan aktif yang sangat baik dengan kemampuan memahami ekspresi verbal dalam dialek Indonesia.
  • Pemahaman tentang wilayah APAC (Asia-Pacific) dan variasi budaya di mana dialek bahasa Indonesia digunakan.
  • Menunjukkan perhatian terhadap detail dan keterampilan berpikir kritis dalam evaluasi penggunaan bahasa dan dialek Siri
  • Menunjukkan integritas dan berfokus pada privasi pelanggan
  • Memiliki pengalaman sebagai pengguna Siri atau asisten virtual serupa lainnya.
  • Berhasil memenuhi atau melampaui target, bekerja dalam tenggat waktu yang ketat.
Lowongan kerja ini akan ditempatkan di kantor Apple Singapura. Untuk perkiraan gaji, situs Glassdoor mencatat posisi Analyst di Apple bisa mendapatkan pendapatan bulan hingga 5.600 dolar Singapura atau sekitar Rp 61,1 juta.
Apple Cari Karyawan yang Bisa Bantu Siri Berbahasa Indonesia, Berapa Gajinya? (320668)
Ilustrasi pengguna iPhone. Foto: REUTERS/Edgar Su
Selain bahasa Indonesia, lowongan Annotation Analyst Siri juga dibuka untuk beberapa bahasa lainnya, seperti Vietnam, Ukraina, Hungaria, Slovakia, Ceko, Kroasia, Yunani, Flemish (Belanda), Rumania. Lowongan tersebut tersedia untuk calon pelamar di kantor Apple wilayah Polandia.
ADVERTISEMENT
‌Saat ini, Siri‌ baru mendukung bahasa dari 37 negara, di antaranya Arab, China, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Portugis, Rusia, dan Spanyol. Untuk dukungan bahasa yang dekat dengan Indonesia adalah Bahasa Melayu yang sudah tersedia sejak 2016 lalu di Siri.
Bagaimana? Kamu tertarik melamar?