kumparan
21 Januari 2019 10:00

Apple Kembali Jual iPhone SE dengan Harga 'Cuci Gudang'

iPhone SE
iPhone SE. (Foto: REUTERS/Lucy Nicholson)
Kabar gembira bagi penggemar iPhone SE karena smartphone ini kembali dijual secara resmi di situs Apple Amerika Serikat. iPhone SE itu dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan waktu pertama kali diluncurkan.
ADVERTISEMENT
iPhone SE kembali dijual dalam bagian clearance alias cuci gudang di situs Apple. Kini, varian iPhone SE dengan memori internal 32 GB dibanderol 249 dolar AS (sekitar Rp 3,5 juta), turun dari harga awal 349 dolar AS (sekitar Rp 4,9 juta).
Sementara varian 128 GB dijual dengan harga 299 dolar AS (sekitar Rp 4,3 juta), lebih murah dari harga awal 449 dolar AS (sekitar Rp 6,3 juta).
Tampaknya, kembalinya iPhone SE ke rak penjualan situs Apple ini hanya berlaku bagi konsumen di AS saja. Di negara lain tidak terlihat hadirnya smartphone tersebut kembali di daftar penjualan situs Apple.
iPhone SE
iPhone SE. (Foto: Apple)
Untuk spesifikasinya sendiri, iPhone SE memiliki layar retina berukuran 4 inci, prosesor Bionic A9, Touch ID, dan kamera belakang 12 MP. Smartphone ini menjadi salah satu jajaran produk iPhone terfavorit karena iPhone SE merupakan generasi iPhone berukuran kecil terakhir yang diluncurkan Apple.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Apple memutuskan untuk menghentikan produksi dan penjualan lini iPhone SE bersamaan dengan pemberhentian penjualan produk iPhone X pada 2017 lalu.
Mengingat Apple belum lama ini menurunkan perkiraan pendapatan mereka untuk kuartal ini, muncul spekulasi bahwa Apple mulai menjual iPhone SE untuk meningkatkan penjualan iPhone.
Untuk produk baru, sempat beredar kabar jika Apple bakal menghadirkan iPhone SE 2 bersamaan dengan peluncuran iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR. Sayangnya, kabar tersebut ternyata hanya rumor belaka.
Apple tidak kunjung meluncurkan iPhone SE 2 dan malah memilih untuk menghadirkan iPhone XR.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan