Tekno & Sains
·
28 Januari 2021 6:31

Apple Paksa Pengguna iPhone Update ke iOS 14.4, Ada Apa?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Apple Paksa Pengguna iPhone Update ke iOS 14.4, Ada Apa? (235697)
Salah satu karyawan Apple Store di Orchard Road, Singapura, mengecek iPhone 12. Foto: Apple
Bagi kamu pengguna iPhone dan iPad, Apple memaksa kamu segera update ke iPadOS dan iOS 14.4. Sebab, raksasa teknologi asal Cupertino, AS, tersebut menemukan kerentanan keamanan dalam sistem operasi versi sebelumnya yang memungkinkan perangkat diretas oleh hacker.
ADVERTISEMENT
Apple mengatakan dalam situs web mereka bahwa pembaruan iOS dan iPadOS 14.4 membawa tambalan bagi tiga bug yang "mungkin telah dieksploitasi secara aktif” oleh hacker kepada pengguna iPhone dan iPad.
Detail kerentanan tersebut tidak dielaborasi lebih lanjut oleh Apple. Juru bicara Apple juga menolak berkomentar lebih lanjut, menurut laporan TechCrunch.
Sejauh ini, tidak diketahui siapa yang secara aktif mengeksploitasi kerentanan tersebut dan siapa yang mungkin telah menjadi korban. Apple tidak mengatakan apakah serangan itu ditargetkan terhadap sebagian kecil pengguna atau pengguna secara umum.
“Untuk perlindungan pelanggan kami, Apple tidak mengungkapkan, mendiskusikan, atau mengonfirmasi masalah keamanan hingga investigasi telah dilakukan dan patch atau rilis tersedia,” jelas Apple dalam halaman web mereka yang di-posting Selasa (26/1).
Apple Paksa Pengguna iPhone Update ke iOS 14.4, Ada Apa? (235698)
iPhone 12. Foto: Apple
Pengumuman Apple ini bisa dibilang mengejutkan. Sebab, Apple jarang secara terbuka mengatakan bahwa perangkatnya tidak hanya rentan terhadap serangan siber, tetapi juga telah dieksploitasi oleh hacker.
ADVERTISEMENT
Meski halaman web mereka tidak memberikan banyak detail khusus tentang kerentanan yang ada, Apple mengindikasikan kerentanan tersebut dapat digunakan untuk menyerang Kernel, yang merupakan inti dari sistem operasi, dan Webkit yang dipakai browser Safari.
Apple juga mencatat bahwa kerentanan tersebut dapat membuat hacker mengakses bagian-bagian mendasar dari iPad atau iPhone untuk kemudian diambil alih sepenuhnya.
Apple mengatakan, detail tambahan akan segera tersedia di situs web mereka. Namun, Apple tidak mengatakan kapan detail itu akan mereka umumkan.
Update baru iPadOS dan iOS 14.4 sendiri dapat diunduh dengan cara biasa. Kamu hanya perlu masuk ke Pengaturan, memilih pembaruan perangkat lunak, dan mengikuti instruksi.