Tekno & Sains16 September 2020 6:32

Apple Ungkap 2 Tablet Baru: iPad Air dan iPad Generasi 8

Konten Redaksi kumparan
Apple Ungkap 2 Tablet Baru: iPad Air dan iPad Generasi 8 (1491679)
iPad Air 2020 Foto: Apple Inc
Apple membuat kejutan dalam acara Apple Time Flies 2020, Selasa (15/9). Di dalam acara yang disiarkan secara virtual tersebut, Apple ternyata merilis dua tablet sekaligus, yang terdiri dari iPad generasi 8 ukurran 10,2 inci dan iPad Air terbaru.
ADVERTISEMENT
Perbedaan kedua tablet tersebut terletak pada spesifikasi dan harga yang dipatok Apple. Untuk iPad generasi ke-8, misalnya, ia menyasar pada segmen yang lebih rendah.
Tablet tersebut masih memakai prosesor A12 Bionic Chip dengan memori internal 32 GB dan 128 GB. Meski bukan chipset terbaru buatan Apple, iPad generasi ke-8 ini sudah menjalankan sistem operasi iPadOS 14.
Apple juga menyematkan kemampuan pemrosesan "Neural Engine" ke seri iPad entry-level ini untuk pertama kalinya. Dengan Neural Engine tersebut, Apple mengklaim bahwa iPad generasi ke-8 ini punya performa grafis dua kali lipat lebih baik ketimbang pendahulunya.
Di bagian kamera, iPad generasi ke-8 memiliki sebuah kamera 8 MP di bagian belakang dan FaceTime HD camera di bagian depan.
Apple Ungkap 2 Tablet Baru: iPad Air dan iPad Generasi 8 (1491680)
iPad generasi 8 ukuran 10,2 inci. Foto: Apple
Di bagian desain, iPad generasi ke-8 ini memiliki bezel tebal dengan tombol home button di bagian depan. Untuk lubang charge, ia juga masih memakai Lighting port, dan bukan USB Type-C.
ADVERTISEMENT
iPad generasi ke-8 akan kompatibel dengan case yang ada saat ini, termasuk case keyboard buatan Apple dan case yang dibuat oleh Logitech. Sama seperti pendahulunya, iPad generasi ke-8 juga kompatibel dengan Apple Pencil generasi pertama. Tablet ini punya varian warna gray, silver, dan gold.
Apple membanderol iPad generasi ke-8 ini dengan harga 329 dolar AS. Di negara asalnya, ia bakal mulai dijual pada Rabu (16/9).
Apple Ungkap 2 Tablet Baru: iPad Air dan iPad Generasi 8 (1491681)
iPad generasi 8 ukuran 10,2 inci bisa dipakai dengan Apple Pencil. Foto: Apple
iPad Air
Selain iPad generasi ke-8, Apple juga merilis iPad Air terbaru setelah terakhir merilis seri ini pada Maret 2019. Meski perangkat baru, Apple hanya menamainya sebagai iPad Air, tanpa embel-embel angka atau tahun peluncurannya.
Rumor mengenai kehadiran tablet ini sempat ramai di internet, karena diklaim bakal serupa dengan iPad Pro, namun dengan performa yang lebih rendah. Faktanya, iPad Air baru ini justru punya spesifikasi yang terbilang gahar.
ADVERTISEMENT
iPad Air 4 memiliki layar Liquid Retina Display seluas 10,9 inci dengan resolusi 2360 x 1640 pixel. Dalam hal desain, ia memang memiliki desain yang mirip dengan iPad Pro di mana layarnya punya bezel yang minim.
Apple juga membawa Touch ID di iPad Air 4. Namun, berbeda dengan iPad generasi 8 yang menaruh fitur keamanan ini di bagian depan, Touch ID di iPad Air 4 terletak di tombol power yang berada di bagian samping tablet.
Apple Ungkap 2 Tablet Baru: iPad Air dan iPad Generasi 8 (1491682)
iPad 2020 Foto: Apple Inc
iPad Air 4 juga dibekali dengan sebuah kamera 12 MP (f/2.4) di bagian belakang dan kamera selfie 7 MP FaceTime HD (f/2.2) di bagian depan. Kamera belakang tablet ini bisa merekam hingga resolusi 4K pada 60 fps. Adapun kamera depannya bisa merekam video hingga 1080 pixel pada 30 fps.
ADVERTISEMENT
Masuk ke dapur pacu, iPad Air dibekali dengan prosesor A14 Bionic Chip terbaru buatan Apple. Prosesor ini terdiri dari enam core CPU, 5nm, dan 11,8 miliar transistor. Tablet ini pun sudah memakai sistem operasi terbaru iPadOS 14 yang dirilis Apple pada acara yang sama.
Untuk menunjang masa hidup tablet, Apple menyematkan baterai yang diklaim bisa tahan 10 jam dengan daya 20 Watt. iPad Air telah menggunakan port USB Type-C sebagai lubang charger-nya.
Apple menyebut bahwa iPad Air 2020 ini kompatibel dengan Magic Keyboard. Tablet ini juga dapat digunakan memakai Apple Pencil.
iPad Air sendiri punya varian warna silver, space gray, rose gold, green, dan sky blue. Ia mulai tersedia pada Oktober 2020 di AS dan dibanderol dengan harga 599 dolar AS.
Apple Ungkap 2 Tablet Baru: iPad Air dan iPad Generasi 8 (1491683)
iPad Air yang rilis tahun 2020. Foto: Apple
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white