kumparan
11 Agustus 2018 15:04

Arloji Pintar Samsung Galaxy Watch Bakal Dijual di Indonesia

Samsung Galaxy Watch
Samsung Galaxy Watch. (Foto: Lucas Jackson/Reuters)
Galaxy Note 9 bukan satu-satunya produk yang diluncurkan Samsung di acara Unpacked yang diselenggarakan di New York, Amerika Serikat, Kamis (9/8). Dalam acara tersebut, Samsung juga memperkenalkan perangkat jam tangan pintar terbarunya, Galaxy Watch, yang memiliki beragam kemampuan.
ADVERTISEMENT
Lalu pertanyaannya, apakah Samsung akan menjualnya di Indonesia? Ternyata Samsung Indonesia dengan cepat menjawab pertanyaan tersebut, yang jawabannya adalah terbuka kemungkinannya.
Product Marketing Manager Samsung Mobile Indonesia, Annisa Maulina, menjadi sosok yang mengungkapkan kabar tersebut.
"Ya, ada kemungkinan dijual di Indonesia, namun kita belum bisa memastikan berapa harganya dan kapan pastinya masuk ke sini," ungkap Annisa, saat ditemui di peluncuran Samsung Galaxy Note 9 di Jakarta, Jumat (10/8).
Arloji atau jam tangan pintar Samsung Galaxy Watch memang memiliki fitur-fitur yang berbeda dengan jam tangan pintar Samsung terdahulu seperti Samsung Gear Fit atau Gear Sport.
Samsung Galaxy Note 9
Samsung Galaxy Note 9 dan Galaxy Watch. (Foto: REUTERS/Lucas Jackson)
Galaxy Watch dilengkapi dengan konektivitas LTE sehingga pengguna dapat menerima panggilan telepon atau pun pesan meski tidak terhubung dengan smartphone mereka.
ADVERTISEMENT
Kemudian perangkat ini juga dilengkapi dengan fungsi layar sentuh yang terintegrasi dan dilindungi Corning Gorilla Glass serta memiliki sertifikat IP68 tahan air dan debu.
Smartwatch ini tersedia dalam dua model dengan ukuran yang berbeda. Ada model warna silver dengan ukuran 46 milimeter dengan kapasitas baterai 472 mAh dan warna hitam, serta warna rose gold dalam ukuran yang lebih kecil, yakni 42 milimeter dengan kapasitas baterai 270 mAh.
Spesifikasi Galaxy Watch
Untuk dapur pacunya, Galaxy Watch disokong chipset Exynos 9110 dual core 1.15 GHz yang berlari dengan sistem operasi Tizen 4.0. Kapasitas smartwatch ini mencakup RAM 1,15 GB dan penyimpanan data 4 GB.
Seperti smartwatch pada umumnya, Galaxy Watch memiliki kemampuan untuk memonitor detak jantung. Selain itu, arloji ini juga telah memiliki teknologi sensor cahaya yang bisa menyesuaikan pencahayaan di lingkungan sekitar, akselerator, gyroscope, dan barometer.
ADVERTISEMENT
Galaxy Watch juga memiliki kemampuan untuk mengatur stres dengan adanya sensor pengukur denyut nadi yang dapat mengingatkan pengguna agar lebih santai dengan menarik napas saat tanda-tanda stres mulai terdeteksi.
Video
Terdapat pula fitur yang bisa membantu pengguna untuk tetap sehat dengan adanya enam macam gerakan latihan. Tidak hanya itu saja, fitur ini juga dapat menjadi teman tidur yang baik dengan menghitung waktu tidur dan mengetahui kualitas tidur.
Perangkat arloji pintar ini akan meluncur pertama kali di Amerika Serikat pada 24 Agustus, kemudian masuk ke Korea Selatan pada 31 Agustus. Setelahnya, Galaxy Watch akan diedarkan ke negara lain pada 14 September.
Belum diketahui kapan tepatnya Galaxy Watch bakal tersedia di pasar Indonesia.
ADVERTISEMENT
Di Amerika Serikat, perangkat Galaxy Watch Bluetooth versi 42 milimeter dijual dengan harga 330 dolar AS atau setara Rp 3,8 juta. Sementara untuk ukuran 46 milimeter, Galaxy Watch dijual dengan harga 350 dolar AS atau setara Rp 5 juta.
Berapakah harga Galaxy Watch yang dijual di Indonesia nantinya? Mari kita tunggu informasi selanjutnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan