Tekno & Sains
·
12 Desember 2020 17:35

Barack Obama Puji Startup Indonesia WeCare.id Atas Upaya Lawan COVID-19

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Barack Obama Puji Startup Indonesia WeCare.id Atas Upaya Lawan COVID-19 (234568)
Ilustrasi startup WeCare.id. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama memberi apresiasi kepada startup asal Indonesia, WeCare.id atas upaya mereka membantu masyarakat melawan COVID-19. Apresiasi itu disampaikan Obama melalui forum the Leaders: Asia Pacific Cohort yang dilaksanakan secara virtual.
ADVERTISEMENT
Dari potongan video yang dibagikan, Obama sedikit menjelaskan upaya yang dilakukan oleh WeCare.id dalam menggalang bantuan menyediakan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis yang berada di garda depan perang melawan COVID-19.
"Saya bangga Anda bersandar pada satu sama lain dan belajar dari satu sama lain, ketika organisasi Anda harus memenuhi kebutuhan komunitas Anda, apakah itu AHA! Learning Center menjadi digital, atau WeCare.id mengubah kantornya menjadi pusat distribusi APD," kata Obama.
Startup crowdfunding medis WeCare.id memang aktif mengajak masyarakat Indonesia untuk menyalurkan dana bantuan guna memenuhi kebutuhan APD para tenaga medis. Penggunaan APD sangat dibutuhkan untuk mengendalikan dan mencegah infeksi virus corona menular.
APD penting digunakan oleh orang yang terpapar langsung pasien COVID-19, seperti tenaga medis di rumah sakit. Sedihnya, masih banyak tenaga medis yang kekurangan APD dan terpaksa memakai perangkat seadanya.
Barack Obama Puji Startup Indonesia WeCare.id Atas Upaya Lawan COVID-19 (234569)
Startup WeCare.id membagikan APD. Foto: Dok. WeCare.id
Salah satu pendiri WeCare.id, Mesty Ariotedjo menjelaskan, sejak awal startup ini berdiri, selalu berkomitmen untuk memastikan setiap masyarakat mendapat hak pelayanan kesehatan yang merata.
ADVERTISEMENT
"Terkait dengan kasus COVID-19, sebagai seorang dokter di rumah sakit nasional di Jakarta, saya merasakan langsung betapa sulitnya mendapatkan APD sejak kasus ini muncul," kata Mesty dalam keterangan resmi dikutip Antara beberapa waktu lalu.
Video
Sebagai informasi, startup WeCare.id menyediakan layanan platform crowdfunding medis yang memungkinkan pasien yang kurang terlayani mendapatkan pendanaan untuk prosedur medis primer dan terverifikasi.
CEO yang juga Co-Founder WeCare.id, Gigih Septianto, menjadi salah satu pemimpin muda di Indonesia yang masuk dalam program The Obama Foundation Leaders: Asia-Pacific.
Program itu adalah forum global lintas sektor telah mengundang sekitar 200 pemimpin baru dari 33 negara dari berbagai latar belakang, baik itu publik, swasta atau nirlaba untuk mewakili pekerjaan dalam berbagai masalah seperti pendidikan, lingkungan, komunikasi dan kewirausahaan.
ADVERTISEMENT