kumparan
17 September 2018 15:02

Begini Cara Mudah Download Data Foto dan Video Kamu di Path

Aplikasi Path
Aplikasi Path. (Foto: Astrid Rahadiani/kumparan)
Kabar aplikasi Path ditutup menjadi kenyataan. Perusahaan telah mengkonfirmasi bahwa layanannya resmi ditutup per tanggal 18 Oktober 2018, setelah mengumumkannya di situs web resmi pada Senin (17/9).
ADVERTISEMENT
Dengan begitu pengguna Path tidak akan lagi bisa berbagi kegiatan sehari-hari, mulai dari posting lokasi, status, foto, mendengarkan lagu, dan lain sebagainya. Agar memori indah pengguna dengan Path tidak hilang begitu saja, perusahaan menyarankan pengguna segera backup datanya.
Path menyediakan dua jalur untuk pengguna dalam melakukan proses backup data. Pertama melalui aplikasinya langsung, dan kedua via situs web resminya.
Berikut langkah download data foto dan video Path!
Situs web Path:
1. Kunjungi https://path.com/settings/backups
2. Login dengan akun Path
3. Masukkan email tujuan untuk menerima data backup dan klik 'Send the Request'
Salam perpisahan aplikasi Path
Salam perpisahan aplikasi Path. (Foto: Astrid Rahadiani/kumparan)
Aplikasi Path:
1. Buka aplikasi Path dan klik Setting di bagian profil pengguna
2. Klik tombol 'Click here to backup your files'
ADVERTISEMENT
3. Masukkan email tujuan untuk menerima data backup
4. Atau bisa langsung klik tombol 'Click here to backup your files' di notifikasi di atas tampilan Home
Pastikan aplikasi Path dalam versi terbaru 8.0.0, jika pengguna ingin backup datanya melalui aplikasinya. Harap dicatat juga bahwa pengguna tidak bisa akses layanan backup di situs web setelah tanggal 18 Oktober 2018.
Manajemen Path telah berjanji tidak akan menyimpan atau menyalin data pribadi penggunanya. Oleh sebab itu, perusahaan menyarankan pengguna untuk mengunduh datanya sebelum tanggal penutupan Path.
Penutupan aplikasi Path sendiri dilakukan secara bertahap. Pertama, menyebarkan notifikasi ke pengguna pada 17 September, yang tahap ini aplikasi juga telah menutup pembuatan akun baru.
Kedua, aplikasi Path tidak bisa lagi di-download atau di-update di Google Play Store maupun Apple App Store mulai 1 Oktober. Terakhir, setelah pengguna tidak dapat mengakses aplikasi Path per 17 Oktober, layanan konsumen sepenuhnya berakhir pada 15 November.
ADVERTISEMENT
"Dengan sangat menyesal kami menginformasikan jika kami akan berhenti menyediakan layanan kami, Path. Kami memulai Path sejak tahun 2010 dalam sebuah kelompok kecil yang penuh hasrat serta desainer dan teknisi berpengalaman," tulis Path, dalam pemberitahuan tersebut."
"Selama petualangan ini kami telah berbagi tawa dan tangis dengan Anda, dan belajar banyak hal bernilai. Sekarang waktunya kami menutup layanan kami untuk memprioritaskan pekerjaan kami demi melayani Anda dengan produk dan layanan yang lebih baik," lanjut tulisan tersebut.
Ini menjadi kabar yang menyedihkan bagi para pengguna Path, terutama di Indonesia. Path pernah menjadi aplikasi yang sangat populer di Indonesia pada masanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan