kumparan
27 April 2018 9:27

Begini Tampilan dan Fitur Terbaru Gmail

Ilustrasi Gmail. (Foto: gabrielle_cc via Pixabay)
Google akhirnya resmi meluncurkan pembaruan tampilan layanan email mereka, yakni Gmail. Ini adalah perubahan terbesar dalam sejarah sejak Gmail diluncurkan tahun 2004.
ADVERTISEMENT
Perubahan ini meliputi fitur keamanan, tampilan yang lebih segar, kemampuan untuk menetapkan tanggal kedaluwarsa email, dan kode sandi untuk email. Semua fitur baru ini akan mulai dirilis bertahap secara global ke lebih dari 1,4 miliar pengguna Gmail.
Manajer Produk untuk Gmail, Jacob Bank, mengatakan bahwa desain ulang Gmail dilakukan dengan tujuan untuk 'membuat orang lebih aman dan lebih produktif'. Google tidak menghapus fitur Gmail apa pun dalam desain ulang ini, melainkan melakukan penambahan.
Salah satu pembaruan yang menarik perhatian adalah fitur keamanan dalam mode konfidensial baru. Fitur Ini memungkinkan pengirim untuk menetapkan tanggal kedaluwarsa email yang sensitif atau mencabut sepenuhnya.
Tampilan dan fitur baru Gmail. (Foto: Google)
Pengguna nanti tidak mengirim konten rahasia secara langsung, namun hanya mengirimnya dalam bentuk link atau tautan yang ada di kotak surat dan dapat diakses oleh penerima baik melalui Gmail atau akun email lain. Selain itu, pengirim email bisa memberikan waktu berapa lama surat yang dikirim dapat diakses oleh penerima.
ADVERTISEMENT
Google juga menggembar-gemborkan beberapa hasil dari desain ulang layar keamanan yang difokuskan untuk mencegah penipuan. Bank menjelaskan bahwa algoritma mesin pembelajaran Google menjalankan pemeriksaan keamanan pada setiap pesan baru yang diterima.
Google mengenalkan fitur nudging email, yaitu menentukan otomatis pesan mana yang membutuhkan perhatian dan dianggap penting setelah dikurasi Gmail. Kemudian di dalam tampilan kotak masuk ada penambahan fitur tunda, smart reply, serta lampiran dapat dinonaktifkan dari inbox.
Tampilan dan fitur baru Gmail. (Foto: Google)
User Interface (UI) atau antarmuka Gmail versi web mengalami pembaruan visual, lengkap dengan tambahan panel sisi kanan yang dapat dilipat. Ini bertujuan untuk lebih mengintegrasikan aplikasi G Suite Google, dengan Google Calendar, Google Keep, dan Google Tasks baru.
Panel tersebut akan memungkinkan pengguna mengatur pertemuan, merencanakan aktivitas, atau hanya menuliskan beberapa catatan tanpa meninggalkan email untuk masuk ke tab baru atau aplikasi lain.
ADVERTISEMENT
Untuk mengubah tampilan utama, Google akan meminta pengguna baru untuk memutuskan tiga pengaturan tampilan: Default, Comfortable, dan Compact. Berbedaan ketiganya ada di bagian tata letak panel di kotak masuk.
Tampilan dan fitur baru Gmail. (Foto: Google)
Meskipun sebagian besar pembaruan lebih banyak fokus di Gmail versi web, namun aplikasi selulernya juga mendapatkan perubahan penting dengan pengenalan notifikasi terbaru. Fitur ini menggunakan sistem kecerdasan buatan yang dapat memilih email mana yang ingin diberitahu dan yang dapat lihat nanti.
Pengguna bisa langsung mulai mencoba tampilan dan fitur baru Gmail versi web dengan masuk ke menu pengaturan email (ikon roda bergerigi di kanan atas kotak masuk) dan pilih 'Coba Gmail baru'. Sebagian fungsi anyar di pembaruan ini baru akan hadir dalam beberapa pekan ke depan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan