kumparan
9 Oktober 2019 13:15

Begini Tampilan Dark Mode Instagram dan Cara Pakainya

Tampilan fitur Dark Mode di Instagram
Tampilan fitur Dark Mode di Instagram. Foto: Aditya Panji/kumparan
Instagram akhirnya resmi merilis fitur baru Dark Mode yang mampu membuat tampilan latar aplikasi menjadi gelap. Fitur Dark Mode sudah bisa dirasakan oleh pengguna aplikasi Instagram versi 114.0 untuk perangkat berbasis iOS 13 dan Android 10.
ADVERTISEMENT
Datangnya fitur Dark Mode di Instagram ternyata dirayakan oleh banyak pengguna. Terbukti sejak Rabu (9/10) pagi, puncak trending topik di media sosial Twitter diduduki tagar #Instagramdarkmode yang sudah di-tweet lebih dari 30 ribu.
Dark Mode di Instagram memang terasa menarik, warna yang ditampilkan lebih hitam pekat dan terasa nyaman di mata. Jika dibandingkan dengan Dark Mode di YouTube, Twitter, maupun Google Play Store warna hitamnya masih keabu-abuan.
Perbandingan tampilan Dark Mode di berbagai aplikasi mobile
Perbandingan tampilan Dark Mode pada Instagram, YouTube, dan Google Play Store. Foto: kumparan
Di fitur Dark Mode Instagram, pengguna akan menemukan seluruh sebagian besar latar belakang berwarna hitam pekat. Kemudian, tulisan atau font dan sejumlah ikon menggunakan warna putih.
Bagi yang penasaran bagaimana cara mengaktifkan Dark Mode di Instagram untuk perangkat iOS 13 dan Android 10, kalian bisa ikuti cara berikut ini.
ADVERTISEMENT
Pengguna iPhone dengan iOS 13
1. Unduh aplikasi atau update Instagram ke versi terbaru.
2. Buka menu Settings > Display > pilih 'Dark Mode'
Tampilan fitur Dark Mode di Instagram
Tampilan fitur Dark Mode di Instagram. Foto: Instagram
Pengguna Smartphone dengan OS Android 10
1. Unduh aplikasi atau update Instagram ke versi terbaru.
2. Buka menu Settings > Display > Night Mode > On
Pada dasarnya, Instagram mode gelap responsif terhadap pengaturan sistem iOS atau Android. Ketika kamu mengaktifkan Dark Mode di pengaturan tampilan layar perangkat, maka tampilan Instagram otomatis akan berubah menjadi hitam pekat.
Sementara untuk menonaktifkannya pun mengikuti pengaturan tampilan layar utama perangkat.
Belum diketahui kapan Instagram akan menghadirkan fitur dark mode ini di aplikasinya secara luas untuk seluruh pengguna. Jika kamu penasaran bisa mencoba aplikasi Instagram Beta yang sudah mendukung dark mode, meski versi Beta ini masih belum stabil.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan