Tekno & Sains
·
5 Februari 2020 8:04

Berapa Lama Orang Indonesia Pakai Internet Setiap Hari?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Berapa Lama Orang Indonesia Pakai Internet Setiap Hari? (446611)
Ilustrasi Internet. Foto: Pixabay
Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat kecanduan internet yang cukup tinggi. Faktanya, riset terbaru mengungkap waktu yang dihabiskan oleh orang Indonesia di internet melampaui rata-rata waktu secara global.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan riset situs HootSuite dan agensi marketing sosial We Are Social bertajuk "Global Digital Reports 2020" yang dirilis akhir Januari lalu, Indonesia masuk ke dalam 10 besar negara yang paling lama mengakses internet.
Data riset tersebut menunjukkan bahwa Indonesia menduduki posisi delapan dalam daftar negara paling lama menghabiskan waktunya berselancar internet. Pencapaian ini, sebenarnya 'menurun' dibandingkan tahun lalu, di mana Indonesia berada di peringkat lima.
Selama 2019, pengguna internet di Indonesia yang berusia 16 hingga 64 tahun memiliki waktu rata-rata selama 7 jam 59 menit per hari untuk berselancar di dunia maya. Angka tersebut melampaui rata-rata global yang hanya menghabiskan waktu 6 jam 43 menit di internet per harinya.
Posisi Indonesia turun tiga peringkat dari tahun lalu, dengan catatan waktu 8 jam 36 menit per hari untuk pengguna internet baik melalui perangkat mobile maupun komputer.
ADVERTISEMENT
Untuk tahun ini, Indonesia berada di bawah Meksiko, Argentina, Thailand, Kolombia, Brazil, Afrika Selatan, dan Filipina yang menempati posisi pertama negara yang paling lama berinternet dengan total waktu 9 jam 45 menit.
Sementara, untuk rata-rata kecepatan internet di Indonesia pada 2019 adalah 13,8 Mbps untuk mobile. Sementara rata-rata global mencapai 32,0 Mbps. Indonesia berada di peringkat 46 untuk kecepatan internet.
Sementara untuk kecepatan broadband, Indonesia mencatat rata-rata 20,1 Mbps, sementara rata-rata global 73,6 Mbps. Indonesia berada di peringkat 43.

Indonesia kecanduan media sosial

Soal penggunaan media sosial, Indonesia termasuk negara yang adiktif. Dari hasil laporan yang sama, Indonesia masuk ke dalam lima besar negara yang paling banyak menghabiskan waktu di media sosial.
Berapa Lama Orang Indonesia Pakai Internet Setiap Hari? (446612)
Ilustrasi buka internet di smartphone. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Rata-rata penggunaan media sosial di Indonesia mencapai 3 jam 26 menit per hari. Angka itu juga di atas rata-rata global yang mencatat waktu 2 jam 24 menit per hari. Filipina menjadi negara yang paling sering membuka media sosial dengan total waktu 3 jam 53 menit per hari.
ADVERTISEMENT
Data unik lainnya, rata-rata penduduk Indonesia memilik sekitar 10 akun media sosial per orang, baik aktif maupun tidak aktif menggunakannya. Sementara itu, 65 persen pengguna media sosial di Indonesia memanfaatkan platform tersebut untuk bekerja.