Tekno & Sains
·
5 Oktober 2020 8:02

Butuh Berapa Lama Harga PlayStation 5 Turun? Ini Analisanya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Butuh Berapa Lama Harga PlayStation 5 Turun? Ini Analisanya (118743)
Konsol game Sony PlayStation 5. Foto: Sony
Para gamers di Indonesia sedang menantikan kehadiran konsol generasi terbaru PlayStation 5. Meski hingga saat ini Sony belum mengumumkan berapa harga PS5 di Indonesia, tapi sudah ada analisa kapan harganya akan turun.
ADVERTISEMENT
Sony sendiri telah mengumumkan harga PlayStation 5 dibanderol 499 dolar AS (sekitar Rp 7,4 jutaan) untuk versi Standard Edition. Sementara PS5 Digital Edition yang hanya bisa memainkan game digital dilepas dengan harga 399 dolar AS (sekitar Rp 5,9 jutaan).
Di Indonesia sendiri Sony belum mengumumkan harga resmi dari PS5 yang akan mulai tersedia pada November mendatang. Menariknya, situs portal e-commerce iPrice mengeluarkan analisa kapan harga PS5 akan turun harga, terutama di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
Butuh Berapa Lama Harga PlayStation 5 Turun? Ini Analisanya (118744)
Konsol game Sony PlayStation 5. Foto: Sony
Menggunakan data internal, iPrice memprediksi bahwa pada Mei 2021 atau 6 bulan setelah tanggal rilis harga PS5 Standard Edition akan mengalami penurunan hingga Rp 400 ribu menjadi Rp 7 juta.
Sementara, PS5 Digital Edition akan turun menjadi Rp 5,6 juta dari harga awal perilisan Rp 5,9 juta. Lebih jauh lagi, iPrice juga memprediksi pada November 2021, harganya PS5 akan turun lagi hingga Rp 6,8 juta untuk versi Standar Edition, dan untuk yang versi Digital Edition menjadi Rp 5,4 juta.
ADVERTISEMENT
Analisa harga ini didasarkan pada perhitungan harga PS4 Pro saat peluncuran pertama kali. iPrice mengumpulkan data dari 150 merchants berbeda saat penjualan perdana PS4 Pro. Kemudian pola didapat sehingga bisa diambil kesimpulan rataan penurunan harga konsol PlayStation bisa 1-6 persen dalam waktu enam bulan.
Butuh Berapa Lama Harga PlayStation 5 Turun? Ini Analisanya (118745)
Foto nyata konsol game PS5 (PlayStation 5). Foto: Dok. NCC Taiwan
Dalam waktu 12 bulan, penurunan bahkan bisa sampai 6-8 persen jika melihat data yang tersedia. Di Singapura, penurunan harga PS5 setelah 12 bulan bisa hingga 8 persen. Di Indonesia hanya menyentuh angka 6 persen dari sejak rilis.
Hadirnya PlayStation 5 juga tentu akan berpengaruh pada harga PlayStation 4. iPrice mengakumulasi harga PlayStation 4 akan alami turun hingga 15 persen untuk pertama kali sejak dua tahun dirilis.
ADVERTISEMENT
Dari analisa ini, jadi kira-kira kapan kamu mau membeli PS5?