kumparan
search-gray
Tekno & Sains10 Juli 2020 6:46

Cara Balas Chat WhatsApp Tanpa Ketahuan Status Online

Konten Redaksi kumparan
Cara Balas Chat WhatsApp Tanpa Ketahuan Status Online (61004)
Pengguna laptop dan perangkat seluler terlihat di sebelah proyeksi layar logo Whatsapp. Foto: REUTERS / Dado Ruvic
Aplikasi pesan WhatsApp saat ini sering digunakan untuk berkomunikasi, mulai untuk urusan pekerjaan, keluarga, hingga hanya untuk obrolan biasa. Namun, terkadang terlihat status online WhatsApp yang sering muncul membuat pengguna terganggu.
ADVERTISEMENT
Status online di WhatsApp bisa mengarahkan kepada banyak hal. Orang lain mungkin akan mempermasalahkan, jika status WhatsApp kita online, namun lama balasan chat atau tidak balas sama sekali. Hal itu mungkin akan mengganggu privasi dan bisa juga memberikan tekanan psikologis juga.
Status online WhatsApp tidak bisa dinonaktifkan, seperti fitur 'Last Seen'. Meski begitu, ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk membalas chat tapi tidak ketahuan atau terlihat status online. Berikut caranya.

1. Balas chat WhatsApp di bar notifikasi HP

Jika kamu menggunakan smartphone Android, khususnya versi Nougat ke atas, kamu sudah bisa menggunakan cara ini. Kamu dapat membalas pesan WhatsApp yang masuk melalui bar notifikasi.
Cara Balas Chat WhatsApp Tanpa Ketahuan Status Online (61005)
Pantulan logo WhatsApp di mata. Foto: Dado Ruvic/Reuters
Caranya, buka menu notification bar dengan swipe layar ke bawah. Cari notifikasi dari WhatsApp dan pesan yang ingin dibalas. Kemudian, tekan 'Reply' atau 'Balas', lalu ketik pesan balasan dan kirim. Dengan begitu, status online kamu tidak terlihat di tab chat temanmu.
ADVERTISEMENT
Untuk pengguna iPhone dan memiliki Apple Watch, kalian bisa juga membalas pesan WhatsApp langsung dari jam pintar itu dan aman dari kemunculan status online.

2. Balas chat WhatsApp saat offline

Ketika ingin balas chat WhatsApp tanpa ketahuan online, kamu bisa respons pesan itu dengan memutuskan koneksi internet. Setelah koneksi terputus, kamu bisa buka pesan WhatsApp yang ingin dibalas seperti biasa. Lalu, ketik pesan balasan, lalu tekan kirim.
Sambungkan kembali koneksi internet, baik itu Wi-Fi atau jaringan seluler. WhatsApp akan mengirim pesan balasan tanpa kamu pernah tampilkan status online.
Cara Balas Chat WhatsApp Tanpa Ketahuan Status Online (61006)
Ilustrasi Whatsapp. Foto: antonbe via Pixabay
Bagi kamu yang belum tahu cara mengaktifkan fitur 'Last Seen' untuk menyembunyikan kapan terakhir membuka aplikasi WhatsApp, kamu bisa ikuti cara di bawah ini.
ADVERTISEMENT
Buka ke menu "Settings", lalu buka "Account" dan pilih "Privacy". Dalam menu "Privacy", kamu bisa mengatur apakah kamu ingin menunjukkan kapan kamu terakhir kali online di WhatsApp kepada orang lain atau tidak.
Ada tiga opsi yang disediakan oleh aplikasi pesan milik Facebook ini untuk penggunanya dalam pengaturan, apakah si pengguna ingin menunjukkan informasi "Last Seen" kepada semua orang, daftar kontaknya saja, atau tidak ada sama sekali.
Selamat mencoba!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white