Tekno & Sains
·
3 Desember 2020 7:29

Cara Bikin Wallpaper WhatsApp Berbeda Tiap Chat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Bikin Wallpaper WhatsApp Berbeda Tiap Chat (246862)
Cara ganti wallpaper WhatsApp berbeda setiap laman chat. Foto: WhatsApp
WhatsApp baru saja melakukan pembaruan fitur wallpaper pada platform mereka. Kini, semua pengguna WhatsApp bisa mengganti wallpaper yang berbeda untuk setiap tab chat pribadi maupun grup.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengganti wallpaper yang berbeda saat menggunakan tema dark mode atau light mode. Peningkatan fitur kustomisasi ini juga berbarengan dengan penambahan pilihan wallpaper dari WhatsApp.
WhatsApp menambah doodle wallpaper dengan desain yang tersedia dalam beragam warna. Sementara wallpaper baru, WhatsApp mengkurasi beragam foto ikonik pemandangan alam dan arsitektur dari penjuru dunia dengan angle yang menarik.
Cara Bikin Wallpaper WhatsApp Berbeda Tiap Chat (246863)
Cara ganti wallpaper WhatsApp berbeda setiap laman chat. Foto: WhatsApp
Facebook mengatakan, keuntungan dari kustomisasi wallpaper yang berbeda tiap tab chat bisa meminimalisir kesalahan mengirim pesan. Alasannya pengguna bisa menandai tab chat secara personal dan bisa lebih mengenalinya sebelum mengirimkan pesan.
“Jadi obrolan pribadi kamu, dapat dibedakan dengan menggunakan wallpaper khusus untuk obrolan terpenting dan orang favorit, dan kamu tidak perlu khawatir lagi akan mengirim pesan yang salah dalam obrolan yang salah,” kata Facebook dalam email yang dikirim ke The Verge.
ADVERTISEMENT
Untuk mengatur wallpaper yang berbeda setiap tab chat, pengguna bisa ikuti langkah di bawah ini.

Pengguna HP Android

  • Buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih tab chat, baik pribadi maupun grup.
  • Setelah dibuka tab chat-nya, ketuk menu dengan simbol “tiga titik”, di bagian paling atas.
  • Lalu pilih "Wallpaper," kemudian telusuri dan pilih wallpaper yang disukai.

Pengguna iPhone

  • Buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih tab chat, baik pribadi maupun grup.
  • Kemudian tekan nama kontak atau grup di bagian atas layar, lalu pilih "Wallpaper & Audio."
  • Lalu, pilih wallpaper yang disukai.

Cara ganti wallpaper WhatsApp dark mode dan light mode

Untuk pengguna Android, pertama-tama aktifkan dulu dark mode dari pengaturan perangkatnya (Android versi 10 atau lebih tinggi) atau dari pengaturan WhatsApp. Caranya pergi ke menu "Settings," dan pilih "Chat," kemudian pilih "Theme".
ADVERTISEMENT
Setelah berada di dark mode, kamu bisa ubah wallpaper yang diinginkan. Jika kamu ubah tema ke light mode, bisa juga ganti ke wallpaper lainnya.
Cara Bikin Wallpaper WhatsApp Berbeda Tiap Chat (246864)
Cara ganti wallpaper WhatsApp dark mode. Foto: WhatsApp
Untuk pengguna iPhone, kamu harus aktifkan dark mode dari pengaturan perangkat, kemudian ubah wallpaper dari pengaturan WhatsApp, pergi ke menu "Settings," dan pilih "Chat," kemudian pilih "Wallpaper Chat." Lakukan hal yang sama untuk wallpaper di light mode.

Pencarian stiker WhatsApp lebih baik

Selain meningkatkan kustomisasi wallpaper, WhatsApp juga mempermudah pengguna untuk mencari dan menemukan stiker melalui teks atau emoji. Pengguna juga bisa menelusuri kategori stiker umum.
Hadirnya fitur ini, WhatsApp mengajak para pembuat stiker di aplikasi untuk tag stiker mereka dengan emoji dan teks khusus agar mempermudah pengguna mencari stiker mereka.
ADVERTISEMENT