Tekno & Sains
·
11 Juni 2021 9:13
·
waktu baca 1 menit

Cara Blur Background Video Call di Google Meet Android

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Blur Background Video Call di Google Meet Android (10369)
Google Meet Android Foto: Muhammad Fikrie/kumparan
Google Meet sudah lama punya fitur mengubah background video call menjadi blur, tapi itu hanya tersedia di versi website. Sekarang, fungsi tersebut sudah bisa dilakukan di Google Meet versi Android.
ADVERTISEMENT
Pengguna yang lebih memilih meeting online Google Meet di handphone (HP) Android kini bisa memanfaatkan fitur untuk memburamkan latar belakang. Dengan fitur ini, kamu bisa menyamarkan keadaan rumah.
Lalu, bagaimana cara menggunakan blur background di Google Meet Android? Ada dua cara untuk melakukan, yakni sebelum meeting dan ketika sudah telanjur join di video call.

Sebelum join video call Google Meet Android

  1. Buka aplikasi, pilih meeting online yang akan kamu ikuti
  2. Sebelum join, tekan tombol background di dalam layar jendela video kamu untuk ubah latar belakang
  3. Pilih opsi tingkat keburaman yang diinginkan, lalu tekan

Setelah join video call Google Meet Android

  1. Tekan tombol background di dalam layar jendela video kamu
  2. Pilih opsi tingkat keburaman yang diinginkan, lalu tekan
Cara Blur Background Video Call di Google Meet Android (10370)
Google Meet versi Android. Foto: Google
Selain blur, pengguna Google Meet juga bisa mengganti latar belakang video conference yang diinginkan. Perusahaan sudah menyediakan beragam opsi wallpaper yang bisa dipasang, seperti pantai, rak buku, pegunungan, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Cara pasangnya tak jauh berbeda dengan memburamkan background.
Fitur blur atau ganti background dibuat untuk menjaga privasi pengguna Google Meet yang memang tak ingin memperlihatkan latar belakang di sekitarnya saat video conference. Meski bermanfaat, penting dicatat bahwa mengubah latar belakang video call dapat memengaruhi penggunaan baterai smartphone pengguna.
Selain blur dan ganti background, Google juga mengubah tampilan antarmuka (user interface) di layanan video conference-nya ini. Perubahan itu membuat pengaturan dan fitur menjadi lebih mudah diakses.
Di bawah UI jendela video call akan ada bar yang memungkinkan pengguna mengakses sejumlah tombol opsi, yang sebelumnya disembunyikan di menu pengaturan (setting). Tambahan tombol baru di bar bawah jendela video call di antaranya kode meeting, mikrofon, video, hingga berbagi layar (screen sharing).
ADVERTISEMENT
Jika kamu belum mendapat pembaruan ini jangan khawatir, sebab perusahaan meluncurkan update baru Google Meet secara bertahap.