Tekno & Sains
·
17 Oktober 2020 15:45

Cara Cari Judul Lagu di Google Pakai Senandung dan Siulan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Cari Judul Lagu di Google Pakai Senandung dan Siulan (12566)
Cara judul lagu di Google dengan bersenandung atau bersiul. Foto: Google
Jika kamu lupa judul lagu dan ingin mencari di Google, tapi tidak tahu liriknya, jangan khawatir. Google kini bisa melakukan pencarian judul lagu, dengan bermodalkan senandung atau siulan.
ADVERTISEMENT
Fitur terbaru dari Google ini memang canggih dan sangat membantu bagi orang-orang yang kesulitan mengingat sebuah judul atau bahkan lirik lagu. Kebanyakan orang bisa sedikit hafal dengan nada dari lagu tersebut, sehingga biasa disenandungkan sesuai irama atau musik di lagu tersebut.
Menurut Google, fitur Hum to Search ini didukung model machine learning untuk mengubah suara senandung dan siulan menjadi urutan angka yang mewakili melodi lagu, kemudian akan dibandingkan dengan daftar lagu yang dalam pustaka yang dimiliki Google.
Cara Cari Judul Lagu di Google Pakai Senandung dan Siulan (12567)
Fitur Google Hum to search. Foto: Google
Machine learning ini akan memilih lagu yang paling cocok dengan suara senandung dan siulan. Google juga akan memberikan informasi tentang lagu dan artis, menemukan liriknya, melihat video musik yang menyertainya atau mendengarkan lagu di aplikasi musik favorit, seperti Spotify, Apple Music, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Menurut Google, model machine learning tersebut dilatih dengan berbagai sumber suara, termasuk bernyanyi, bersenandung, atau bersiul. Proses latihan ini yang mampu mengenali suara yang disenandungkan dengan nada yang tepat maupun tidak.
Fitur unik ini pun sudah tersedia dalam pencarian bahasa Inggris untuk iOS dan Android, serta sudah mendukung 20 bahasa berbeda. Sayangnya, belum termasuk bahasa Indonesia. Namun, jangan sedih, rencananya Google akan menambah lebih banyak bahasa di masa depan.
Cara Cari Judul Lagu di Google Pakai Senandung dan Siulan (12568)
Ilustrasi wanita memegang ponsel. Foto: Shutterstock
Meski belum mendukung bahasa Indonesia, kamu tetapi bisa menggunakan fitur ini untuk mencari judul lagu. Caranya ubah dulu, bahasa yang digunakan di smartphone, dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Lalu, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Pastikan terlebih dahulu kamu telah men-download atau upgrade aplikasi Google terbaru di Google Play Store maupun Apple App Store.
  • Kemudian, beralih ke widget pencarian Google dan tekan ikon microphone untuk memulai pencarian.
  • Setelah menekan tombol microphone, ucapkan "What's the Song" atau mengetik "search a song".
  • Selanjutnya, pengguna tinggal bersenandung atau bersiul nada lagu yang ingin dicari judulnya, selama 10-15 detik.
  • Google akan memberikan hasil pencarian yang dianggap cocok dengan nada yang kamu senandungkan.
ADVERTISEMENT
Selamat mencoba!