Tekno & Sains
·
22 Juli 2021 13:02
·
waktu baca 1 menit

Cara dan Syarat Dapat Set Top Box Gratis untuk Nonton Siaran TV Digital

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara dan Syarat Dapat Set Top Box Gratis untuk Nonton Siaran TV Digital (165797)
searchPerbesar
Ilustrasi nonton siaran tv digital. Foto: Getty Images
Penghentian siaran TV analog dan migrasi ke digital tahap pertama kian mendekati waktu pada 17 Agustus 2021. Untuk itu, masyarakat yang berada di 15 kota/kabupaten yang masuk pada tahap pertama akan menerima set top box gratis, namun dengan syarat tertentu.
ADVERTISEMENT
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memutuskan penghentian siaran TV analog akan dilakukan dalam lima tahap dengan keseluruhan waktu pelaksanaan tidak melewati 2 November 2022. Tahap pertama ASO (Analog Switch Off) telah direncanakan pada 17 Agustus 2021 mendatang meliputi 15 kota/kabupaten yang tersebar di lima provinsi.
  1. Aceh (Kab. Aceh Besar, dan Kota Banda Aceh).
  2. Kepulauan Riau (Kab. Bintan, Kab. Karimun, Kota Batam, dan Kota Tj. Pinang).
  3. Banten (Kab. Serang, Kota Cilegon, dan Kota Serang).
  4. Kalimantan Timur (Kab. Kutai Karta negara, Kota Samarinda, dan Kota Bontang).
  5. Kalimantan Utara (Kab. Bulungan, Kota Tarakan, dan Kab. Nunukan).
Kominfo memastikan masyarakat masih bisa menonton TV seperti biasa dengan siaran digital, namun bagi televisi yang lama memerlukan perangkat tambahan bernama set top box (STB) untuk bisa menangkap sinyal digital melalui antena UHF.
Cara dan Syarat Dapat Set Top Box Gratis untuk Nonton Siaran TV Digital (165798)
searchPerbesar
Ilustrasi Menyalakan TV di Kamar Hotel Foto: Shutter Stock
Untuk itu, Kominfo bersama Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) melalui LPP TVRI akan menyalurkan set top box gratis di wilayah yang mengalami tahap ASO. Cara mendapatkan perangkat set top box gratis harus masuk dalam golongan rumah tangga miskin dan pendistribusiannya akan melalui pemerintah daerah.
ADVERTISEMENT
"Pembagian set top box untuk ASO tahap pertama akan disediakan oleh grup SCM, Media dan Rajawali melalui koordinasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi serta Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang wilayahnya masuk dalam tahap pertama ASO," tulis Ferdinandus Setu, Plt. Kabiro Humas Kominfo.
Harga set top box di berbagai platform e-commerce, berkisar Rp 150 ribu. Pastikan perangkat STB yang dibeli mendukung teknologi siaran TV digital yang digunakan di Indonesia, yaitu Digital Video Broadcasting–Terrestrial Second Generation (DVB-T2).
Ada banyak keuntungan dari siaran digital dibanding analog, mulai dari tampilan gambar yang lebih jernih dan semakin beragam channel TV yang bisa ditonton. Kapasitas slot multipleksing dalam siaran TV digital dapat menampung 13 saluran/channel kualitas SD atau 5 channel untuk kualitas HD.
ADVERTISEMENT