Tekno & Sains
·
20 Juli 2021 15:31
·
waktu baca 1 menit

Cara Gabung ke Panggilan Suara dan Video Call Grup WhatsApp yang Tak Diangkat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Gabung ke Panggilan Suara dan Video Call Grup WhatsApp yang Tak Diangkat (89836)
searchPerbesar
Cara gabung ke panggilan suara dan video call grup WhatsApp yang tak diangkat. Foto: WhatsApp
WhatsApp meluncurkan fitur baru bernama Joinable Call. Fitur ini menghadirkan cara mudah bagi pengguna untuk bergabung dalam panggilan suara dan video call grup yang sempat tak diangkat, namun masih berlangsung.
ADVERTISEMENT
Panggilan suara dan video call kini menjadi bagian penting dari fitur komunikasi WhatsApp. Untuk membuat nyaman, kedua layanan itu, WhatsApp menghadirkan fitur Joinable Call yang sudah bisa digunakan oleh seluruh pengguna, termasuk di Indonesia.
Jadi kegunaan fitur ini adalah memungkinkan pengguna untuk bergabung dengan telepon maupun video call grup yang telah diundang sebelumnya, namun tak sempat diangkat. Selama panggilan masih berlangsung, pengguna tersebut bisa langsung bergabung, tanpa diundang kembali secara manual.
Cara Gabung ke Panggilan Suara dan Video Call Grup WhatsApp yang Tak Diangkat (89837)
searchPerbesar
WhatsApp Group calls. Foto: Dok. Facebook
Menariknya, pengguna masih bisa keluar dan bergabung kembali selama panggilan masih berlangsung. Fitur Joinable Call ini juga tetap dilindungi oleh enkripsi end-to-end, sehingga siapa pun termasuk WhatsApp tidak bisa mendengar atau melihat panggilan pengguna yang dilakukan.
WhatsApp juga memoles tampilan antarmuka panggilan suara dan video call grup lebih sederhana. Terdapat layar info panggilan agar pengguna dapat mengetahui siapa saja yang sedang berada dalam panggilan dan siapa saja yang telah diundang tetapi belum bergabung.
ADVERTISEMENT
Cara Gabung ke Panggilan Suara dan Video Call Grup WhatsApp yang Tak Diangkat
Pengguna WhatsApp kini bisa bergabung ke panggilan suara dan video call yang tak sempat diangkat, tapi masih berlangsung.
1. Buka aplikasi WhatsApp
Jika ada panggilan suara maupun video call yang tak sempat diangkat, kamu bisa langsung buka aplikasi WhatsApp di smartphone.
2. Muncul tanda panggilan grup masih berlangsung
Selanjutnya, lihat ke tab "CALLS", jika panggilan masih berlangsung akan ada notifikasi di bagian atasnya. Lalu, tekan "Tap to Join" untuk bergabung.
3. Tanda panggilan di satu grup
Jika para peserta panggilan berada di satu grup WhatsApp, maka kamu bisa bergabung dengan menekan tombol "Join call" di tab chat grup tersebut.
4. Keluar dan masuk panggilan grup kembali
Fitur Joinable Call memperbolehkan kamu untuk keluar dan masuk kembali ke dalam panggilan suara maupun video call grup WhatsApp. Caranya ketika keluar atau terputus, bisa kembali bergabung dengan menekan tombol Tap to Join" di bagian "CALLS". Jika semua peserta panggilan masih satu grup, bisa langsung ke tab chat grup tersebut dan menekan "Join call" untuk bergabung kembali.